ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2010-2020

Resti, Novia Ningsih (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2010-2020. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Resti Novia Ningsih_ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2010-2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pajak Daerah merupakan salah satu sumber penerimaan Daerah yang utama, karena peranan sektor pajak sangatlah besar, terutama untuk menunjang keberhasilan pembangunan di kabupaten/kota. Pajak Reklame merupakan salah satu sumber penerimaan pajak daerah yang penting bagi Kabupaten Purbalingga. Hal ini terbukti selama tahun 2010-2020 penerimaan Pajak Reklame mengalami peningkatan. Namun dalam perkembangannya selama tahun 2010-2020 persentase penerimaan Pajak Reklame berfluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Keuangan Daerah (BAKEUDA) Kabupaten Purbalingga. Data yang digunakan merupakan data runtut waktu (time series) dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2020. Variabel independen yang digunakan yaitu PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), jumlah penduduk, dan jumlah industri. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda (Multiple Linier Regression Method) dengan metode kuadrat terkecil atau Ordinary Least Square (OLS) Berdasarkan hasil uji t (Parsial) menunjukkan bahwa PDRB (X1) dan Jumlah Penduduk (X2) secara parsial berpengaruh terhadap penerimaan Pajak Reklame, sedangkan Jumlah Industri secara parsial tidak berpengaruh terhadap penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten Purbalingga. Hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen (PDRB, Jumlah Penduduk dan Jumlah Industri) secara Bersama-sama dapat menunjukkan pengaruhnya terhadap penerimaan Pajak Reklame. Nilai R-Square sebesar 0,842 menunjukkan bahwa 84,2% variabel pajak reklame dapat dijelaskan oleh variabel PDRB, jumlah penduduk, dan Jumlah Industri. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 15,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Pajak Reklame, PDRB, Jumlah Penduduk, Jumlah Industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pajak Reklame, PDRB, Jumlah Penduduk, Jumlah Industri.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Resti Novia Ningsih sdri
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:56
Last Modified: 14 Feb 2022 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item View Item