PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) KELAS 1 DI MI MUHAMMADIYAH LOSARI KECAMATAN RAWALO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WAHNIN IKHTIARI, NIM. 1123306157 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) KELAS 1 DI MI MUHAMMADIYAH LOSARI KECAMATAN RAWALO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
WAHNIN IKHTIARI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) KELAS 1 DI MI MUHAMMADIYAH LOSARI KECAMATAN RAWALO TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Bebagai penelitian telah dilakukan untuk mencoba meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Berbagai alat peraga dan media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu jenis pembelajaran Kooperatif model Time Game Turnament (TGT) adalah pembelajaran dengan menggunakan permainan antar kelompok. Apakah jika pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I dipraktekkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Time Game Tournament (TGT) akan meningkatkan hasil belajar dalam materi membaca ? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok membaca kata dan kalimat pada kelas I MI Muhammadiuah Losari Kecamatan Rawalo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitain yang digunakan adalah penelitin Tindakan Kelas (PTK). Metode dan instrumen penggalian data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hipotesis yang diajukan adalah “Pembelajaran Kooperatif model Time Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada sub pokok Membaca nyaring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada temuan awal 8 siswa (36%), pada siklus I 12 siswa (54%) sedangkan siklus II, 18 siswa (81%) . tingkat Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 70. Dari penelitain ini terbukti bahwa penggunaan pembelajaran model Time Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat memacu siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Membaca, Bahasa Indonesia, Kooperatif TGT
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Sep 2016 01:56
Last Modified: 28 Sep 2016 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item