IMPLEMENTASI PENILAIAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PAI DI SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO

Riyatun, riyatun (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PAI DI SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Riyatun_Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Daring PAI di SD Qaryah ThayyibahPurwokerto.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik merupakan suatu bentuk penilaian yang mengukur kinerja nyata siswa. Kinerja yang dimaksud adalah aktivitas yang diperoleh siswa selama pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses internalisasi ilmu pengetahuan kedalam skema pelajar. Dalam prosesnya terdapat aktivitas siswa sebagai pelajar dan guru sebagai pendamping. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD) secara keseluruhan berada pada lingkup Al Qur’an dan Al Hadits, keimanan, akhlak fiqh dan sejarah. Penilaian di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto di dengan penilaian ranah psikomotorik, kognitif dan afektif. Terlebih kepada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Penilaian kepada anak yang berkebutuhan khusus lebih ditekankan kepada pembiasaan. Sehingga penilaian tergantung kemampuan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian autentik dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran PAI di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto meliputi yang pertama proses perencanaan dan proses pelaksanaan penilaian autentik. Proses perencanaan guru menyusun RPP dengan melihat silabus maupun buku pembelajaran. Kemudian pelaksanaan guru melakukan penilaian autentik dengan cara melihat kondisi dari peserta didik di lapangan. Ada tiga kompetensi dalam penilaian autentik yaitu penilaian psikomotorik (sikap), penilaian kognitif (pengetahuan) dan penilaian afektif (keterampilan). Teknik penilaian psikomotorik (sikap) dilakukan dengan teknik penilaian observasi, penilaian diri, antar teman dan jurnal. Penilaian kompetensi kognitif (pengetahuan) dilakukan dengan penilaian tertulis, lisan dan penugasan. Teknik penilaian afektif (pengetahuan) dilakukan dengan cara melakukan penilaian kinerja atau praktik. Kata kunci: Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam, Kelas Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam, Kelas Inklusi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Riyatun R
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:33
Last Modified: 11 Feb 2022 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item View Item