STRATEGI BERTAHAN BISNIS PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS WISATA EDUKASI GONDANG OUTBOND "WEGO" LAMONGAN)

Elsa Fiyani, Rizki Amalia (2022) STRATEGI BERTAHAN BISNIS PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS WISATA EDUKASI GONDANG OUTBOND "WEGO" LAMONGAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Elsa Fiyani Rizki Amalia_ Strategi Bertahan Bisnis Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Wisata Edukasi Gondang Outbond ''WEGO'' Lamongan).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak pelaku usaha yang merasakan berbagai kerugian ekonomi termasuk para pelaku usaha pariwisata. Ditetapkannya peraturan pemerintah berupa PSBB (Pembatsan Sosial Berskala Besar) menyebabkan semua kegiatan masyarakat harus terhenti, tentunya hal ini memberikan kehawatiran bagi para pelaku usaha tentang bagaimana cara agar usahanya tetap bisa bertahan ditengah kondisi pandemi covid-19 seperti yang terjadi pada beberapa tempat wisata yang harus tutup selama diberlakukannya peraturan PSBB. Salah satu tempat wisata yang terdampak adalah Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bertahan bisnis pariwisata agar tetap bisa bertahan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan pada Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan pada bulan Februari-November 2021. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi sumber, untuk mengidentifikasi strategi bertahan bisnis yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi bertahan bisnis pariwisata yang digunakan oleh Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) adalah melakukan digital marketing, memberikan diskon tiket masuk dan menerapkan strategi CRM (Customer Relationship Marketing). Penerapan strategi bertahan dengan cara preparing, surviving, actualizing pada Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) berpengaruh terhadap bertahannya tempat wisata selama masa pandemi Covid-19. Kata kunci: Strategi Bertahan, Bisnis Pariwisata, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bertahan, Bisnis Pariwisata, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Elsa Fiyani Rizki Amalia
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:22
Last Modified: 10 Feb 2022 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item View Item