Manajemen Pelayanan Sistem Informasi Jemput Bola Haji Keliling (SI JEMBHLING) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas

Maharani, Sinta Paramita (2022) Manajemen Pelayanan Sistem Informasi Jemput Bola Haji Keliling (SI JEMBHLING) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAHARANI SINTA PARAMITA-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas adalah instansi pemerintah yang mengurus beberapa hal salah satunya adalah perhajian. Sebagai penyelenggara haji, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas memiliki tugas dan tanggungjawab terhadap pelayanannya kepada jamaah haji.Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Kementerian Agama Kabupaten Banyumas melakukan penyempurnaan dengan memberikan kemudahan bagi jamaah yang jauh dari Kantor Kemenag Banyumas agar tetap bisa mengurus segala urusan haji dengan jarak yang lebih dekat. Si jembhling (Sistem Informasi Jemput Bola Haji Keliling) terobosan baru yang diluncurkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas menjadi satu langkah tepat yang diambil oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat khususnya sekitar Banyumas. Oleh karena itu maka instansi ini memerlukan manajemen yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan sistem informasi jemput bola haji keliling Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pelayanan sistem informasi jemput bola haji keliling meliputi perencanaan yakni dari mulai penganggaran, menetapkan jadwal, menentukan target, dan kebutuhan pelayanan. Pengorganisasian dalam pelayanan ini adalah membagi tugas atau saling terkait divisi dengan divisi lainnya. Pengimplementasian yang dilakukan dalam hal ini adalah melakukan semua pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pengawasan yang dilakukan adalah mengawasi seluruh rangkaian apakah sudah sesuai dengan yang telah ditentukan atau tidak. Pelayanan yang diberikan oleh si jembhling ini meliputi melayani pendaftaran haji, konsultasi haji dan lain-lain. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan, Sistem Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan, Sistem Informasi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Maharani Sinta Paramita sdri
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:13
Last Modified: 09 Feb 2022 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item