METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DISEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NUR THOI’ATUL FAJRIYAH, NIM. 102332043 (2015) METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DISEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NUR THOI’ATUL FAJRIYAH_METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DISEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (991kB) | Preview

Abstract

Dalam Proses pembelajaran bahasa Arab diantaranya harus mengarahkan siswa kepada pengembangan mufradat, agar siswa memiliki pembendaharaan yang memadai sehingga timbul pada dirinya keberanian untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Kelemahan siswa pada umumnya adalah kekurangan penguasaan mufradat. Oleh karena itu, untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami mufradat maka perlu adanya sebuah metode yang akan digunakan dalam pembelajaran khususnya bahasa Arab agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradatdi SDIT Harapan Bunda Purwokerto tahun palajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat di SDIT Harapan Bunda Purwokerto Tahun Palajaran 2013/2014 khususnya kelas IV dimana peneliti mendapatkan data penelitian dengan cara langsung mendatangi SDIT Harapan Bunda sebagai tempat penelitian. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi untuk menggali data dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab,siswa kelas 1V dan kepala sekolah. Sedangkan untuk menganalisis data yeng diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, danverifikasi data. Metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat di kelas IV SDIT Harapan Bunda Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014 dilakukan dengan cara guru menuliskan mufradat di papan tulis kemudian dinyanyikan satu persatu hingga peserta didik hafal, setelah peserta didik hafal, tulisan di papan tulis dihapus dan peserta didik mengulang nyanyian tanpa tulisan di papan tulis. Bernyanyidapat menghilangkan kejenuhan dan ketakutan peserta didik untuk belajar bahasa Arab. Peserta didik jadi merasa senang serta lebih percaya diri, mereka berani mengucapkan kosakatadalam bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, bahasa Arab, mufradat, bernyayi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Sep 2016 01:23
Last Modified: 28 Sep 2016 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item