Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto

AFIFAH, MUZAYANAH (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Masters thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text
AFIFAH MUZAYANAH_KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO AFIFAH MUZAYANAH NIM: 191765002 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Kepemimpinan memegang peranan yang sangat strategis dalam pengembangan dan perubahan organisasi sekolah secara keseluruhan, oleh karena itu ketergantungan sekolah terhadap peran kepemimpinan kepala sekolah dipandang memiliki kekuatan cukup efektif dalam pengelolaan sekolah untuk menghadapi dinamika atau perubahan sekolah, ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto merupakan lembaga pendidikan tingkat menengah pertama swasta yang yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas, dan termasuk lembaga pendidikan unggulan dengan sarat akan prestasi, baik akademik atau non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara mendalam gaya kepemimpinan kepala sekolah dan implikasinya terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, dengan tiga alur kegiatan, yakni: reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Gaya kepemimpinan kepala SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto adalah gaya kepemimpinan transformasional yang tercermin dari perilaku yang selalu menyerap aspirasi bawahannya, memberdayakan para bawahan agar bekerja secara maksimal, senantiasa memperhatikan kebutuhan bawahan dengan berusaha menciptakan suasana saling percaya dan mempercayai, berusaha menciptakan saling menghargai, simpati terhadap sikap bawahan, memiliki sifat bersahabat, menumbuhkan peran serta bawahan dalam pembuatan keputusan dan kegiatan lain, dengan mengutamakan pengarahan diri, tumbuh pula rasa respek dan hormat diri dari bawahan kepada pimpinannya, sehingga apa yang menjadi tugas merupakan hasil keputusan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kedua, Kepemimpinan kepala sekolah sangat banyak memberi implikasi terhadap peningkatan kinerja guru sekolah tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan pemberian motivasi pada guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan penuh kesabaran dan sikap yang disiplin yang dimiliki oleh kepala sekolah. Kepala sekolah mampu melakukan pendekatan secara psikis terhadap bawahannya untuk memahami sifat dan karakter kepribadian para guru guna untuk memotivasi kinerja guru. Kata Kunci: Gaya, Kepemimpinan, Kinerja, Guru THE PRINCIPAL'S LEADERSHIP IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCE AT MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO MIDDLE SCHOOL AFIFAH MUZAYANAH NIM: 191765002 Islamic Education Management Study Program Postgraduate Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRACT Leadership plays a very strategic role in the development and change of the school organization as a whole, therefore the dependence of schools on the leadership role of the principal is seen as having quite effective power in school management to deal with school dynamics or changes, for the better or vice versa. SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto is a private junior secondary education institution located in the Banyumas Regency area, and is a leading educational institution with full of achievements, both academic and non-academic. This study aims to identify and analyze in depth the principal's leadership style and its implications for improving teacher performance at SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. This research is a qualitative descriptive study, taking the research location at SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis in this study used qualitative data analysis, with three activity lines, namely: data reduction, data presentation and verification/drawing conclusions. Checking the validity of the data using data triangulation techniques. The results showed that: First, the leadership style of the head of SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto is a transformational leadership style which is reflected in behavior that always absorbs the aspirations of his subordinates, empowers subordinates to work optimally, always pays attention to the needs of subordinates by trying to create an atmosphere of mutual trust and trust, trying to creating mutual respect, sympathy for the attitude of subordinates, having a friendly nature, growing the participation of subordinates in decision-making and other activities, by prioritizing self-direction, growing self-respect and respect from subordinates to their leaders, so that what is the task is the result of a joint decision. can be implemented properly. Second, the principal's leadership has many implications for improving the performance of the school's teachers. This is indicated by the provision of motivation to teachers carried out by the principal with full patience and a disciplined attitude owned by the principal. Principals are able to approach psychologically to their subordinates to understand the nature and personality traits of teachers in order to motivate teacher performance. Keywords: Style, Leadership, Performance, Teacher

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya, Kepemimpinan, Kinerja, Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Afifah Muzayanah
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:49
Last Modified: 10 Feb 2022 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item