PENERAPAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG BANYUMAS

NOVIA ISTI, SETIARINI (2022) PENERAPAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Novia Isti Setiarini_Penerapan Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 1 Ajibarang Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Islam melalui sistem kredit semester (SKS) (studi kasus di SMA Negeri 1 Ajibarang Banyumas) dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh gagasan bahwa pendidikan harus tanggap, inovatif dan aspiratif sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai pengembangan kurikulum PAI melalui sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri 1 Ajibarang Banyumas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep sistem kredit semester (SKS) dan mendeskripsikan pengembangan kurikulum PAI melalui sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri 1 Ajibarang Banyumas serta menjelaskan pengaruh dari Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Islam melalui sistem kredit semester (SKS) tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif di mana penelitian ini mendeskripsikan apa adanya pada saat penelitian. Kajiannya penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yakni data yang terkumpul berbentuk kalimat yang diuraikan secara naratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: pertama, konsep pelaksanaan sistem kredit semester (SKS) yang diterapkan di SMA Negeri 1 Ajibarang Banyumas tampak pada persyaratan penyelenggaraan yang berpedoman pada kategori sekolah mandiri. Penyelenggaraan pembelajaran yang menerapkan pola pembelajaran on/off sehingga peserta didik dapat memilih beban belajar dan mata pelajaran sesuai kemampuan masing-masing. Kedua, secara parsial implementasi Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri 1 Ajibarang Banyumas diterapkan pada kompetensi, materi, metode dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam. Ketiga, pengaruh Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Islam melalui sistem kredit semester (SKS) tersebut. Yakni berupa dampak positif dan negatif ditinjau dari beberapa aspek. Aspek tersebut meliputi peserta didik, dan pendidik. Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Sistem Kredit Semester (SKS).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Sistem Kredit Semester (SKS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novia Isti Setiarini sdri
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:36
Last Modified: 09 Feb 2022 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item