FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN WISATA RELIGI BERBASIS MASJID (Studi Kasus Masjid Raden Sayyid Kuning Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga)

Ayu, Dwi Lestari (2022) FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN WISATA RELIGI BERBASIS MASJID (Studi Kasus Masjid Raden Sayyid Kuning Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AYU DWI LESTARI 1717103009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dakwah pada era kontemporer ini dihadapkan pada berbagai tantangan dan problematika yang semakin kompleks. Mengingat aktivitas dakwah tidak terlepas dari masyarakat, maka perkembangannya pun harus berbanding lurus dengan perkembangan masyarakat, artinya aktifitas dakwah hendaknya dapat mengikuti perkembangan dan perubahan masyarakat. Wisata religi sebagai bagian dari aktivitas dakwah harus mampu menawarkan wisata baik pada obyek daerah tujuan wisata bernuansa agama maupun umum, mampu menggugah kesadaran masyarakat akan kemahakuasaan Allah SWT dan kesadaran agama. Maka dari itu dibutuhkan suatu upaya agar masjid mampu mengelola potensi wisata religi yang dimiliki oleh masjid, agar mampu terjaga eksistensinya dan mampu menjadi wisata yang memiliki nilai-nilai agama di tengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana manajemen masjid dalam mengembangkan wisata religi di Masjid Raden Sayyid Kuning. Data-data yang terdapat dalam penelitian ini bersifat data kualitatif baik yang sifatnya data primer ataupun data sekunder. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pihak pengelola Masjid Raden Sayyid Kuning Desa Onje yaitu Takmir Masjid Raden Sayyid Kuning melakukan manajemen masjid dengan menerapkan empat fungsi manajemen yaitu planning (perencanaan) yang meliputi perencanaan dibidang fasilitas, kegiatan dan kerjasama, organizing (pengorganisasian) dengan membentuk struktur pengorganisasian, melakukan komunikasi yang baik antar pengurus, dan pembagian tugas serta wewenang kaitannya dalam upaya pengembangan wisata religi di Masjid Raden Sayyid Kuning, actuating (pelaksanaan) dengan menjalankan apa yang telah direncanakan, dan controlling (pengawasan) yang dilaksanakan oleh takmir Masjid Raden Sayyid Kuning dengan terjun langsung melihat situasi di lapangan serta didukung pengawasan oleh pihak pemerintah. Kata Kunci: Manajemen Masjid, Wisata Religi, Pengembangan Wisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, Wisata Religi, Pengembangan Wisata
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ayu Dwi Lestari sdri
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:19
Last Modified: 09 Feb 2022 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item