PENGELOLAAN PLATFORM COOPERATIVE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS STARTUP PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus InnoCircle Purwokerto)

DHEA, ALFIRA (2022) PENGELOLAAN PLATFORM COOPERATIVE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS STARTUP PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus InnoCircle Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dhea Alfira_Pengelolaan Platform Cooperative Dalam Pengembangan Bisnis Startup Perspektif Ekonomi Islam.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Koperasi berperan sebagai pelaku ekonomi yang dijalankan dengan mengutamakan prinsip gotong royong serta memiliki peranan yang penting dalam upaya mencapai tujuan bersama para anggotanya. Namun seiring berkembangnya zaman, koperasi mulai banyak ditinggalkan, hal tersebut tidak sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Untuk itu, InnoCircle hadir sebagai wadah untuk memadukan kedua hal tersebut serta merealisasikan ide bagi para pelaku bisnis startup melalui wadah bernama platform cooperative. Berdasarkan hal tersebut maka muncul pertanyaan mengenai bagaimana pengelolaan platform cooperative dalam pengembangan bisnis startup di InnoCircle Purwokerto dan dikaitkan dengan bagaimana sebuah bisnis startup dijalankan sesuai nilai-nilai islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Adapun sumber data primer berupa hasil wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa literatur terkait dengan platform cooperative, bisnis startup, dan rujukan literatur lain yang terdapat relevansi dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pengelolaan platform cooperative dalam pengembangan bisnis startup di InnoCircle Purwokerto berjalan berdasarkan prinsip koperasi, bentuk kerja sama yang dilakukan adalah mendampingi startup dalam merancang ide bisnisnya bersama para mentor yang sesuai dengan kebutuhan startup tersebut selama 6 – 12 bulan dan dilakukan 1 kali dalam seminggu. Dalam perspektif ekonomi Islam kerjasama usaha semacam ini dapat dimasukkan dalam ketegori bagi hasil (mudarabah) yang dilakukan antara pihak InnoCircle Purwokerto dengan para startup yang bergabung didalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Platform Cooperative, Bisnis Startup dan Ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dhea Alfira sdri
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:34
Last Modified: 08 Feb 2022 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item View Item