BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK PENGENDALIAN EMOSI MARAH ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BOBOSAN

Nur Aini, Fajriyanti (2022) BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK PENGENDALIAN EMOSI MARAH ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BOBOSAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AINI FAJRIYANTI_BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK PENGENDALIAN EMOSI MARAH ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BOBOSAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang memberikan kebijakan baru untuk melakukan berbagai kegiatan dari rumah. Adanya pandemi covid-19 mengakibatkan perubahan emosional pada anak. Maka dari itu pengendalian emosi marah pada anak khususnya pada masa pandemi covid-19 menjadi sangat penting di RT 01 RW 02 kelurahan Bobosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan orang tua dalam membentuk pengendalian emosi marah anak pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah lima orang tua yang memiliki anak berusia 3-8 tahun. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan yang dilakukan orang tua dalam membentuk pengendalian emosi marah anak pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan cara: 1) bimbingan orang tua melalui pembiasaan, 2) bimbingan orang tua melalui nasehat, 3) bimbingan orang tua melalui keteladanan, 4) bimbingan orang tua melalui pengawasan. Sedangkan model pengendalian emosi yang dilakukan orang tua di RT 01 RW 02 Bobosan termasuk ke dalam model pengendalian katarsis, pengendalian rasionalisasi, pengendalian dzikrullah dan pengendalian strategi coping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Pengendalian Emosi, Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Aini Fajriyanti sdr
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:37
Last Modified: 07 Feb 2022 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item