SELF PRESENTATION PENDAKWAH MIFTAH MAULANA HABIBURRAHMAN (GUS MIFTAH)DI AKUN INSTAGRAM @GUSMIFTAH

Elsya, Yunia Ari Pradani (2022) SELF PRESENTATION PENDAKWAH MIFTAH MAULANA HABIBURRAHMAN (GUS MIFTAH)DI AKUN INSTAGRAM @GUSMIFTAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Elsya Yunia Ari Pradani_ Self Presentation Pendakwah Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) di Akun Instagram @gusmiftah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu pendakwah yang aktif menggunakan media sosial adalah Miftah Maulana Habiburrahman atau biasa disapa Gus Miftah. Media sosialnya yang aktif adalah Instagram, yang sering menampilkan foto atau video tentang dirinya. Dalam pengunggahan foto atau video tentu memiliki tujuan tertentu bagi pem-iliknya. Salah satunya yaitu sebagai wadah untuk melakukan self presentation atau presentasi diri. Self presentation atau presentasi diri adalah sebuah upaya di mana manusia ingin memainkan peran dan informasi agar menarik kesan baik kepada orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui self presentation Gus Miftah di akun Instagram @gusmiftah dan strategi self presentation seperti apa yang sering digunakan oleh beliau pada akun Instagram miliknya. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan analisis semiotika model Ferdinand de Saussure pada penelitian ini. Adapun teori yang digunakan oleh penulis yaitu strategi self presentation milik Jones dan Pittman. Analisis semiotika Ferdinand de sausure merupakan ilmu untuk menemukan hal-hal yang tersembunyi dibalik sebuah tanda. Sedangkan strategi self presentation (presentasi diri) Jones dan Pittman merupakan sebuah taktik yang digunakan un-tuk melihat citra diri seperti apa yang digunakan oleh seseorang agar tercapai sep-erti apa yang diharapkannya. Sumber data primer pada penelitian ini berupa 20 postingan foto dan video dengan rentang waktu September 2018 sampai dengan September 2021, yang dipilih dengan teknik random sampling. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui dokumen penelitian terdahulu, video ngaji bersama Gus Miftah, caption (keterangan pada setiap postingan), dan sumber bacaan lainnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Gus Miftah berusaha membangun presentasi dirinya yang baik-baik, yang memiliki nilai seperti out of the box (ber-beda dari yang lain), memiliki kepedulian, menepati janji dan beliau juga menun-jukkan bahwa dirinya merupakan seseorang yang memiliki kewibawaan. Secara umum Gus Miftah didapati menggunakan semua strategi self presentation Jones dan Pittman hanya setiap porsi yang digunakannya berbeda-beda. Gus Miftah secara khusus lebih sering menggunakan taktik exemplification dan self promotion. Taktik lain seperti ingratiation dan intimidation juga beliau gunakan namun porsinya lebih sedikit dari exemplification dan self promotion. Sedangkan suppli-cation paling jarang sekali dilakukan oleh Gus Miftah, namun setidaknya beliau juga didapati oleh penulis pernah menggunakan taktik tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Presentation, Gus Miftah, Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Elsya Yunia Ari Pradani sdri
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:27
Last Modified: 07 Feb 2022 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12559

Actions (login required)

View Item View Item