INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TK KHALIFAH TAMBAKSARI KEMBARAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ujang Imamul M, 092331114 (2014) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TK KHALIFAH TAMBAKSARI KEMBARAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
Ujang Imamul M_INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)

Abstract

Proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak adalah kegiatan mentransformasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam melalui kegiatan yang didukung beberapa metode. Penelitian ini mengangkat tema internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak di lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Sehingga persoalan yang penulis kaji pada penelitian ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak di TK Khalifah Tambaksari Kembaran Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Metode yang penulis gunakan ada dua, yaitu metode pengumpulan data dan metode analisis data. Dalam pengumpulan data, penulis memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Dalam penelitian ini penulis meneliti pesera didik, guru, sekolah, dan kegiatan-kegiatan di luar sekolah seperti kunjungan (field trip) ke lembaga-lembaga atau perusahaan ternama dengan tujuan menciptakan moslem enterpreneur. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak di TK Khalifah Tambaksari Kembaran Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014 disampaikan melalui tiga langkah yaitu tranformasi nilai, transaksi nilai, dan traninternalisasi nilai. Nilai-nilai yang diinternalisasikan yaitu nilai tauhid/keimanan pada pembelajaran blok Tauhid, Science tauhid, life skill tauhid, exercise tauhid, art centre tauhid, dan hapalan Al Asma Al Husna. Internalisasi nilai ibadah pada pembiasaan shalat berjamaah dhuha dan dzuhur, puasa senin kamis, manasik haji, Internalisasi nilai moral/akhlak pada pembiasaan memakai busana muslim/muslimah, pembiasaan berkata-kata yang baik dengan tujuh kata ajaib khalifah yaitu maaf, tolong, bolehkah, permisi, silahkan, syukron/terimakasih, dan Alhamdulillah. Kemudian melalui stimulus nilai Islam melalui core value yaitu pembiasaan karakter jujur, sungguh-sungguh, santun, ceria, dan mandiri. Untuk nilai sosial ditanamkan pada kegiatan-kegiatan program persemester seperti bakti sosial, halal bihalal, sedekah, simulasi penyembelihan hewan korban, karnaval Islami, perayaan hari besar Islam(PHBI), Opening circle, brain game, outing class dengan pemantuan parenting. Nilai-nilai agama Islam ini berdasar pada selogan TK Khalifah yaitu Tauhid dan enterpreneur dengan keteladanan Nabi Muhammad Saw. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Agama Islam, Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 28 Sep 2016 03:10
Last Modified: 28 Sep 2016 03:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item