STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SMK TAMANSISWA PURWOKERTO

Nurkholis, Kurniawan (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SMK TAMANSISWA PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saiuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_Nurkholis Kurniawan_191766035-PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang terjadi dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi yaitu pembelajaran daring agar dapat berjalan secara efektif, efesien, dan optimal serta dapat berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan, (1) Mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi di SMK Tamansiswa Purwokerto. (2) Bagaimana upaya mengatasi problematika dalam proses pembelajaran daring pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi di SMK Tamansiswa Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data: teknik triangulasi. Teknik analisis data: data reduction (pemilihan data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran guru: (a) Perencanaan strategi guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi berpusat pada metode daring melalui materi yang dikirim oleh guru. (b) Pelaksanaan strategi kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dalam bentuk interaksi tanya jawab. (c) Evaluasi dan penilaian bentuk evaluasi berupa pilihan ganda melalui google form dan juga dalam bentuk essay. (2) Upaya mengatasi problematika dalam pembelajaran daring: (a) Solusi mengatasi keterbatasan paket kuota yang dimiliki peserta didik yaitu memberikan bantuan pulsa, dan menggunakan aplikasi whatsapp dan google classroom supaya tidak terlalu banyak menguras kuota. (b) Solusi mengatasi peserta didik yang memiliki android tetapi kurang mendukung untuk pembelajaran daring maka ketika mengikuti pembelajaran daring peserta didik cukup menggunakan whatsapp, (c) Solusi bagi peserta didik yang tidak memiliki android adalah dengan disediakan komputer disekolah, kemudian dari sekolah mempersilahkan kepada peserta didik yang tidak memiliki android untuk datang ke sekolah. (d) Menerapkan Pembelajaran Tatap Muka. Tujuan diadakannya sistem pembelajaran tatap muka yaitu untuk mengontrol dan memotivasi peserta didik supaya tetap semangat mengikuti pembelajaran selama pembelajaran di masa pandemi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Pada Masa Pandemi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Pada Masa Pandemi
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurkholis Kurniawan sdr
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:36
Last Modified: 08 Feb 2022 04:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12533

Actions (login required)

View Item View Item