STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Pada Usaha Pengolahan Kerupuk Mekar Sari di Karangklesem, Purwokerto Selatan)

ANGGUN, TRIJAYANTI (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Pada Usaha Pengolahan Kerupuk Mekar Sari di Karangklesem, Purwokerto Selatan). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANGGUN TRIJAYANTI_1717201092.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun, dibalik kontribusi UMKM dalam menumbuhkan perekonomian di Indonesia, masih banyak terdapat permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam pengembangannya, baik dalam permasalahan internal maupun eksternal. Oleh karena itu, strategi pengembangan UMKM menjadi suatu hal yang penting untuk membuat UMKM menjadi lebih berkembang. Selama ini permasalahan yang sering timbul di dalam UMKM adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia. Hal demikian itulah yang dialami oleh UMKM Mekar Sari. Dimana UMKM Mekar Sari telah mengalami peralihan pemilik pada tahun 2013 dikarenakan usaha ini kurang berkembang dengan baik, akan tetapi setelah UMKM Mekar Sari mengalami peralihan pemilik, usaha ini menjadi berkembang dari sebelumnya. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan sumber daya manusia sebagai penggerak usahanya. Sumber daya manusia merupakan faktor penting bagi setiap usaha, sumber daya manusia yang berkualitas akan menentukan kejayaan atau kegagalan dalam usaha. Maka, dalam mengembangkan usaha diperlukan adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia di usaha pengolahan kerupuk Mekar Sari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia di UMKM Mekar Sari terdiri dari tiga (3) jalur. 1) Pelatihan, dengan menggunakan metode On The Job dan metode Demonstration and Example. 2) Pendidikan, dengan menggunakan metode Coaching and Counseling. 3) Pengalaman Kerja, dengan mengutamakan seorang yang memiliki pengalaman kerja dalam merekrut karyawan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang telah diterapkan di UMKM Mekar Sari telah memberikan kontribusi dalam keberlangsungan usahanya, sehingga hal tersebut dapat dijadikan sebagai strategi pengembangan UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan UMKM, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Anggun Trijayanti
Date Deposited: 05 Feb 2022 05:08
Last Modified: 05 Feb 2022 05:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item View Item