KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Anwar, Muttaqin (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anwar Muttaqin_Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid 19 Di SDIT Harapan Bunda Purwokerto.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak pandemi covid 19 adalah didiberlakukannya pembelajaran secara daring. SDIT Harapan Bunda merupakan salah satu sekolah yang terdampak pemberlakuan pembelajaran secara online. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kinerja guru, dimana tidak semua guru siap dan mampu menggunakan perangkat elektronik dan internet dalam pembelajaran. Kepala sekolah perlu melakukan upaya dalam rangka meningkatkan kinerja guru di masa pandemi covid 19. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru SDIT Harapan Bunda di masa pandemi covid 19. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara terstruktur dan non terstruktur, observasi lapangan, dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga langkah yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SDIT Harapan Bunda Purwokerto dalam meningkatkan kinerja guru di masa pandemi covid 19 dapat ditinjau dari gaya kepemimpinan, efektifitas kepemimpinan, pengambilan kebijakan, upaya kepala sekolah dan peran kepala sekolah. Adapun gaya kepemimpinan yang diterapkan yakni dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dan otoriter, kebijakan yang diterapkan di SDIT Harapan Bunda berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, sarana dan prasarana, kurikulum, dan pendanaan. Adapun upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah yakmi dengan memberikan fasilitas berupa keterampilan soft skill kepada guru sebagai usaha peningkatan keterampilan dan kemampuan guru sebagai pendidik. Sedangkan dalam menjalankan perannya, kepala sekolah berperan sebagai pendidik, manager, administrator, supervisor leader, motivator dan administrator. Dari tinjauan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasanya kinerja guru SDIT Harapan Bunda Purwokerto di masa pandemi covid 19 dapat meningkat, hal ini ditinjau proses belajar mengajar, administarasi guru dan hubungan dengan stake holder. Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anwar Muttaqin sdr
Date Deposited: 04 Feb 2022 23:44
Last Modified: 04 Feb 2022 23:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12524

Actions (login required)

View Item View Item