PEMBELAJARAN MUFRADAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MULIATUL MUNA, NIM. 102332057 (2015) PEMBELAJARAN MUFRADAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MULIATUL MUNA_PEMBELAJARAN MUFRADAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (893kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu kemampuan yang harus dikuasai oleh orang yang sedang belajar bahasa Arabsalah satunya adalah mufradat dan tanpa pembendaharaan kosa kata(mufradat) mustahil orang mampu menguasai bahasa Arab namun kemahiran berbahasa tidak cukup hanya dengan menghafal kosa kata(mufradat) saja. Di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji pembelajaran mufradat ada disetiap bab dalam mata pelajaran bahasa Arab, karena dengan adanya pembelajaran mufradat siswa akan lebih mudah dalam memahami, menerjemah, dan mempelajari pelajaran bahasa Arab dan ini akan menunjang siswa dalam mengerjakan ulangan-ulangan pada mata pelajaran bahasa Arab. Disamping guru mata pelajaran bahasa Arab pada kelas IVA, IV B, dan IV C adalah masing-masing dari wali kelas IV tersebut, dari hal itu pastinya setiap guru mempunyai perbedaan dalam menyampaikan materi dan perbedaan dalam menggunakan strategi, metode, teknik maupun media pada pembelajaran mufradat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan atau menggambarkan bagaimana pembelajaran mufradatdan apa saja kendala-kendala yang di alamipada mata pelajaran bahasa Arab yang di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji khususnya pada siswa kelas IV yang baru menjumpai pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan data-data di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Dalam penelitian ini juga berisi data dari wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas IV dan dokumentasi dan hasil observasi yang penulis lakukan di beberapa kelas IV di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwapembelajaran mufradat di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji khususnya pada kelas IV A,B dan C pembelajarannya sudah baik sekalipun masing-masing guru mempunyai perbedaan dalam menyampaikan materi, namun ada beberapa faktor pendukung diantaranya dengan penggunaan metode, strategi, teknik, buku sumber belajar dan penggunaan media yang baik sehingga mampu membantu siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan. Faktor pendukung lainnya adalah dari sikap siswa yang responsif dan antusias dalam menerima pelajaran. Adapun kendala yang dialamiyaitu siswa cepat lupa ketika menghafal mufradat, adanya beberapa siswa yang kurang menguasai membaca dan menulis tulisan Arab. Untuk mengatasi kendala tersebut adalah denganmeningkatkan terus belajar baca tulis dan menghafal mufradat bahasa Arab baik di sekolah maupun di rumah, selain itu guru menggunakan drill setiap pagi untuk membaca dan menulis, bertanya jawab dengan bahasa Arab. Dan guru tidak bosan-bosannya memotivasi siswa bahwa betapa pentingnya bahasa Arab untuk di pelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemnelajaran mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:01
Last Modified: 27 Sep 2016 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item