MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK KNALPOT PADA UMKM ALPINO EXHAUST PURBALINGGA

Safingi, Nurhidayat (2022) MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK KNALPOT PADA UMKM ALPINO EXHAUST PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SAFINGI NURHIDAYAT_MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK KNALPOT PADA UMKM ALPINO EXHAUST PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang. Manajemen sangat diperlukan dalam kegiatan usaha, dengan manajemen pemasaran diharapkan perusahaan dapat terus berkembang, bertahan lama dan mencetak keuntungan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti manajemen pemasaran yang ada di Alpino Exhaust dalam mengembangkan usaha. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha knalpot Alpino Exhaust menerapkan fungsi manajemen pemasaran diantaranya: Perencanaan yaitu: jangka pendek melakukan inovasi produk, jangka panjang meningkatkan jumlah produksi, dan penambahan karyawan. Pengorganisasian yaitu: adanya struktur organisasi namun masih adanya rangkap jabatan. Pengarahan yaitu: pengarahan sangat gencar dilakukan pada bagian produksi. Pengendalian yaitu: mengendalikan tenaga kerja agar lebih cepat dan teliti dalam melaksanakan proses produksi. Evaluasi yaitu: membuat agenda evaluasi terjadwal pada setiap bulannya. Sedangkan untuk bauran pemasarannya: Produk yaitu: berkualitas baik. Harga yaitu: lebih rendah dari pada kompetitor di kelasnya dengan tidak mengurangi kualitas. Tempat yaitu: sudah mempunyai outlet dan tempat produksi yang luas. Promosi yaitu: melalui iklan e-commerce dan ikut andil dalam event-event komunitas mobil. Untuk strategi pemasarannya: strategi segmentasi pasar yaitu: memilih pasar pedagang dan pasar konsumen. Strategi penetrasi pasar yaitu: membentuk stategi Rapid Penetration. Strategi umum perusahaan yaitu: strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (undifferentiated Marketing).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen, Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Safingi Nurhidayat sdr
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:28
Last Modified: 02 Feb 2022 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item