PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN (PH) PURWOKERTO PADA MASA PANDEMI

USRIATI, USRIATI (2022) PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN (PH) PURWOKERTO PADA MASA PANDEMI. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
USRIATI_PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN (PH) PURWOKERTO PADA MASA PANDEMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa berkebutuhan khusus di SD Terpadu Putra Harapan (PH) Purwokerto pada masa pandemi saat ini sangat terganggu dengan adanya pandemi Covid 19, hal ini karena penanganan ABK tidak sama dengan penanganan anak normal. Dalam penanganan terhadap siswa ABK lebih khusus diperlukan metode, strategi, media, materi pelajaran dan desain khusus yang mampu diaplikasikan pada ABK demi mencapai kompetensi yang ingin dikembangkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Terpadu Putra Harapan (PH) Purwokerto Pada Masa Pandemi Covid-19. Dan tujuan peneitian ini mendeskripsikan dan menganalisa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Terpadu Putra Harapan (PH) Purwokerto pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif yaitu penelitian dimana data yang diberikan berbentuk verbal bukan berbentuk hitungan. Dan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomologi yaitu di mana penelitian ini mempelajari suatu kejadian yang bertujuan untuk mendapat penjelasan dari sebuah realita yang tampak. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan model teori Miles dan Huberman bahwa pengolahan data terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SD terpadu Putra Harapan purwokerto menunjukan bahwa SD terpadu Putra Harapan Purwokerto (PH) membuka layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, layanan pendidikan dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelas inklusi dan kelas intensif. Selama masa pandemi covid 19 kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan model pembelajaran dalam jaringan (daring) bagi kelas inklusi, dan untuk kelas intensif kegiatan pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran dalam jaringan (daring) dan pembelajaran luar jaringan (luring). Kegiatan guru menyampaikan pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian tugas. bagi siswa ABK di kelas intensif jika tidak memungkinkan dengan daring, maka di lakukan luring, atau kunjungan langsung ke rumah siswa, dengan syarat ada izin dari wali siswa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Siswa ABK, Daring, Luring, Pandemic
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Usriati Usriati sdri
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:18
Last Modified: 31 Jan 2022 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item