Implementasi Strategi Peer Lessons Dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014

Isti Murafikah, 092338041 (2014) Implementasi Strategi Peer Lessons Dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
Siti Murafikah_IMPLEMENTASI STRATEGI PEER LESSONS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)

Abstract

Ada ungkapan yang mengatakan behwa metode belajar yang paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain. Tampaknya metode atau strategi peer lessons ini megacu pada ungkapan tersebut. Dengan harapan dapat menggairahkan siswa untuk mau mengajarakan materi yang diukasainya kepada teman. Dengan stretegi ini siswa dituntut lebih aktif belajar dan mengajar. Strategi peer lessons berupaya mengajak siswa untuk belajar secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi, memecahkan masalah atau mengkorelasikan apa yang mereka pelajari. Strategi pembelajaran peer lesson merupakan strategi yang menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar para siswa sebagai anggota kelas, sehingga siswa aktif melakukan kegiatan dalam proses belajar mengajar. siswa dituntut untuk mampu mengajarkan kepada temannya. Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan untuk mempelajari sesuatu dengan menjadi narasumber. Siswa dilatih untuk berani tampil di depan kelas mempresentasikan apa yang ia pelajari. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi strategi peer lessons dalam pembelajaran fiqih di MTs Al-Hidayah Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014? Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih kepala sekolah dan siswa di MTs Al-Hidayah Pagedongan. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan subyek penelitian dan observasi pada saat kegiatan pembelajaran fiqih berlangsung, kemudian disajikan bersifat deduktif induktif. Selanjutnya, dianalisis dengan model analisis interaktif. Dalam model ini ada tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasinya, yang dilakukan secara interaktif dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Implementasi strategi peer lessons dalam pembelajaran fiqih di MTs Al-Hidayah Pagedongan adalah membagi siswa kedalam beberapa kelompok secara merata, sebelum belajar kelompok dimulai terlebih dahulu guru memberikan penjelasan terhadap tiap-tiap kelompok tersebut dengan informasi, konsep, atau cara-cara yang efektif dalam mengajar kepada siswa yang lain di depan kelas, meminta siswa untuk membuat catatan langkah-langkah dalam menjelaskan apa yang telah mereka pelajari, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, memberikan waktu yang cukup kepada siswa untuk merencanakan dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan di depan kelas dan memberikan waktu yang relatif cukup untuk mengusai materi pelajaran. Kata-Kata Kunci : Strategi peer lessons, pembelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Sep 2016 06:40
Last Modified: 27 Sep 2016 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1246

Actions (login required)

View Item View Item