ANALISIS BURNOUT SYNDROM DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X PADA ERA COVID-19 DI SMK MUHAMMADIYAH BUMMIAYU

Nurul, Mufidah (2022) ANALISIS BURNOUT SYNDROM DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X PADA ERA COVID-19 DI SMK MUHAMMADIYAH BUMMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nurul_Mufidah[1][1].pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Burnout Syndrome secara umum dikenal sebagai kejenuhan yang diindikasikan sebagai gangguan psikis yang dapat dialami setiap individu. Pada awalnya Burnout hanya ditemukan pada pekerja-pekerja yang dapat dibilang cukup padat kegiatan yang dilakukannya tetapi seiring berjalannya waktu, gangguan psikis ini juga menyerang siswa/peserta didik di sekolah. Mengingat di masa sekarang adalah masa pandemi Covid-19, peserta didik juga dapat mengalami Burnout dalam setiap pembelajaran khususnya pada pembelajaran Fikih. Peneliti menemukan adanya gejala-gejala dan faktor yang menyebabkan siswa mengalami Burnout dalam pembelajaran Fikih Kelas X di SMK Muhammadiyah Bumiayu. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan adanya Burnout pada pembelajaran Fikih kelas X di Era Pandem ini yang dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa mengalami Burnout Syndrome pada pembelajaran Fikih kelas X dengan dimensi-dimensi seperti Kelelahan ( exchaustion), Depersonalization, dan Rendahnya pencapaian prestasi diri (Low personalaccomplishment). Dan yang mempengaruhi gejala-gejala tersebut ada dua faktor yakni faktor situasional dan individual. Tentunya hal ini tidak lepas dari sistem pembelajaran daring yang menjadi pemicu utama siswa mengalami kejenuhan sehingga dapat dikatakan bahwa siswa Kelas X mengalami Burnout Syndrome pada pembelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Burnout Syndrome, Pembelajaran PAI, Pandemi Covid 19
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Mufidah sdri
Date Deposited: 30 Jan 2022 22:37
Last Modified: 30 Jan 2022 22:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item