Peningkatan Hasil Belajar Membaca Melalui Strategi Reading Aloud pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membaca Teks Sederhana di Kelas II MI Ma’arif NU Kedungwringin Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014

Kartini, 1123306046 (2014) Peningkatan Hasil Belajar Membaca Melalui Strategi Reading Aloud pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membaca Teks Sederhana di Kelas II MI Ma’arif NU Kedungwringin Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
Kartini_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA MELALUI STRATEGI READING ALOUD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MEMBACA TEKS SEDERHANA DI KELAS II MI MA’ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Rendahnya nilai hasil belajar Bahasa Indonesia disebabkan karena guru belum menggunakan strategi dan media yang menarik. Disamping itu juga disebabkan siswa yang kurang aktif, kurang konsentrasi dalam belajar. Kurang aktif dan kurang konsentrasi siswa dalam belajar disebabkan karena srtategi yang monoton, dengan media pembelajaran seadanya. Guru belum menggunakan strategi yang tepat dan media yang menarik karena guru belum paham dengan langkah-langkah penggunaan strategi pembelajaran aktif. Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, “Apakah penggunaan strategi Reading Aloud dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca teks 15-20 kalimat di Kelas II MI Ma’arif NU Kedungwringin Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014?”. Metode dalam Penelitian ini meliputi jenis, sumber data, metode pengumpulan dan analisa data. Jenis penelitian ini adaah PTK Kolaboratif, yaitu penulis berkolaboratif dengan guru kelas guru IIB. Sumber data dari penelitan ini adalah guru kelas IIA sebagai reflekptor, guru kelas IIB sebagai kolaborator dan siswa kelas IIA. Metode penumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Sedangkan metode analisis yang dipakai yaitu metode analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil belajar sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dengan hasil belajar siswa setelah dilakukan penelitian tindakan. Penelitian tinadakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus melalui 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa pada kondisi awal sebelum dilakukan perbaikan rata-ratanya baru mencapai 64,5 dengan prosentase ketuntasan 50 %. Adapun kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kompetensi dasar ini adalah 70. Setelah diadakan perbaikan dengan menggunakan strategi memilah kartu (Reading Aloud) hasil belajar membaca pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 78,0 dengan prosentase ketuntasan 75 % dan prosentase nilai yang belum tuntas 25%. Pada siklus I telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa, namun belum mencapai indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan PTK ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa 85% (minimal 17 anak nilainya mencapai KKM).Sedangkan pada siklus II hasil belajar Bahasa Indonesia nilai rata-ratanya menjadi 86,5 dengan prosentase ketuntasan 95% dan prosentase belum tuntas hanya 5%. Karena indikator keberhasilan telah dapat dicapai bahkan prosentase ketuntasannya di atasnya, maka PTK berhenti pada siklus II. Terbuktilah penggunaan strategi memilah kartu (Reading Aloud) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca teks 15-20 kalimat di kelas II MI Ma’arif NU Kedungwringin Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Membaca, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Strategi Reading Aloud

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:36
Last Modified: 26 Sep 2016 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item