Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Kelas Rendah MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014

Puji Rahayu, 092338036 (2014) Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Kelas Rendah MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text
Puji Rahayu_STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QUR’AN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari adanya keinginan penulis untuk mencoba mencari gambaran mengenai penerapan strategi pembelajaran baca tulis Al Qur’an pada siswa kelas rendah di MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014. Sehingga rumusan masalahnya adalah " Bagaimana strategi pembelajaran baca tulis Al Qur’an pada siswa kelas rendah di MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran baca tulis Al Qur’an pada siswa kelas rendah di MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014. Lokasi penelitian ini adalah MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara, yang merupakan salah satu dari MI swasta yang ada di Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah strategi Learning Starts With A Question, strategi Make A Match, strategi Modelling The Way, dan strategi Question Student Have. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah saran kepada guru, guru sebaiknya mengadakan pretest, guru hendaknya dapat mempersiapkan kembali dan menyampaikan dengan jelas model pembelajaran yang akan dilakukan, guru hendaknya lebih memotivasi siswa dalam belajar baik dalam bentuk materi (hadiah) maupun dalam bentuk pujian dan penghargaan, dan guru sebaiknya memperbanyak sumber belajar bagi siswa sehingga materi yang di sampaikan tidak hanya berasal dari satu buku saja. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Baca Tulis Al Qur’an, MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:36
Last Modified: 26 Sep 2016 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item