PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 PAGENTAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Rani Syarifah, Hakim (2022) PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 PAGENTAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RANI SYARIFAH HAKIM_PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 PAGENTAN PADA MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam proses pendidikan dan telah dinyatakan secara tertulis oleh pemerintah dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Namun matematika seringkali tidak diminati dan ditakuti oleh peserta didik karena dianggap sukar. Salah satu pengaruh dari hal tersebut adalah menurunnya motivasi belajar matematika peserta didik. Sedangkan motivasi dalam belajar sangat penting karena dapat menjadi daya penggerak peserta didik untuk menumbuhkan gairah dan semangat mengikuti pembelajaran terutama pembelajaran matematika. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Namun akhir-akhir ini dunia pendidikan Indonesia mendapat tantangan baru akibat adanya wabah COVID-19 yaitu kebijakan pelaksanaan proses pembelajaran secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring dianggap kurang efektif sehingga mengharuskan diadakannya kembali pembelajaran tatap muka. Sehingga diadakan pembelajaran campuran (Blended Learning) di beberapa sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Blended Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pagentan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis expost facto. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Blended Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Pagentan pada masa pandemi COVID-19 sebesar 14,6% sedangkan 85,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Motivasi Belajar, COVID-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rani Syarifah Hakim sdri
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:39
Last Modified: 10 Jan 2022 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item