IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NO 56 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN E-GOVERNMENT PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI APLIKASI MATUR BUPATI)

FAHIRA, IKA ZULAIHA (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NO 56 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN E-GOVERNMENT PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI APLIKASI MATUR BUPATI). Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAHIRA_IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KABUPATEN.pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

Memberi pelayanan publik kepada masyarakat merupakan tugas pemerintah sebagai wujud mengayomi masyarakatnya. Untuk mendukung hal tersebut pemerintah kabupaten Purbalingga membuat peraturan bupati tentang e￾government yaitu penyelenggaraan pemerintahan dengan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Dinas Komunikasi dan informatika kabupaten Purbalingga membuat sebuah terobosan dengan mnciptakan program dalam bentuk aplikasi MATUR Bupati (Media Aspirasi dan Tanya Jawab untuk Rakyat). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu wawancara dengan Dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Purbalingga, bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga, masyarakat pengguna aplikasi. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku, skripsi, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukan implementasi peraturan bupati dengan aplikasi MATUR Bupati dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik, karena dengan adanya aplikasi MATUR Bupati ini masyarakat merasa dimudahkan untuk berkomunikasi dengan pemerintah. Namun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya yaitu ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lama dalam merspon aduan dan koneksi jaringan internet. Aplikasi MATUR Bupati ini telah sesuai dengan perspektif Mas}lah}ah dengan tujuan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat banyak dan menghindari kemudhorotan. Aplikasi ini termasuk ke dalam Mas}lah}ah hajiyyah yaitu mas } lah}ah yang dibutuhkan untuk menghilangkan kesulitan yang dihadapi, namun apabila tidak dapat terwujud dalam kehidupan tidaklah akan mengakibatkan kerusakan namun akan menimbulkan kesulitan saja. MATUR Bupati bertujuan untuk menyempurnakan kesejahteraan kehidupan masyarakat dan mempermudah masyarakat berkomunikasi dengan pemerintah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Kata kunci: E-government, Aplikasi MATUR Bupati, Mas}lah}ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-government, Aplikasi MATUR Bupati, Maslahah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: FAHIRA IKA ZULAIHA sdri
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:59
Last Modified: 21 Dec 2021 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12307

Actions (login required)

View Item View Item