IMPLEMENTASI MANAJEMEN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

Diah Nurfaendah, 1023330037 (2014) IMPLEMENTASI MANAJEMEN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
Diah Nurfaedah_IMPLEMENTASI MANAJEMEN LIFE SKILL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)

Abstract

Manajemen life skill di SMA Muhammadiyah 1 Cilacap adalah melaksanakan kegiatan pengelolaan penyelenggaraan life skill berdasarkan pola fikir manajemen, atau berdasarkan proses manajemen dengan fungsi-fungsi manajemen: planning, organizing, actuating dan controling. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa SMA Muhammadiyah 1 Cilacap merupakan SMA yang meyelenggarakan life skill yang telah menghasilkan lima angkatan. Dalam mewujudkannya diperlukan pengelolaan (manajemen) program yang efektif dan efisien dari tahun ke tahun berikutnya agar tujuan life skill dapat terwujud dengan maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen life skill di SMA Muhammadiyah 1 Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, tim pengelola program, guru dan siswa. Metode analisis data yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa kegiatan manajemen life skill di SMA Muhammadiyah 1 Cilacap telah terimplementasi dengan optimal karena sudah memenuhi fungsi manajerial. Tahap yang dilakukan mulai dari perencanaan life skill telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah persiapan yang ada dalam penyelenggaraan life skill. Pengorganisasian life skill sudah tertata dengan jelas karena telah ditentukan pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab secara rinci berdasarkan bagian dan bidang masing-masing tim pengelola. Pelaksanaan life skill yang sudah sesuai sesuai dengan langkah-langkah yang ada di dalam pedoman penyelenggaraan program life skill dan Tim pengelola juga telah melaksanakan tugasnya masing-masing dengan maksimal sesuai dengan tanggungjawab mereka. . Selain itu terkait dengan pembiayaan diperoleh dari siswa. Anggaran ini ditunjukan untuk penyelenggaraan kegiatan life skill. Pengawasan life skill telah dilaksanakan dengan baik karena pengawasan dilakukan secara rutin dan periodik. Kata kunci: Manajemen Pendidikan, Kecakapan Hidup (Life Skill).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 26 Sep 2016 00:19
Last Modified: 26 Sep 2016 00:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item