ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA HOME INDUSTRY TEH MEREK MACAN DAN TIGA DAUN DI AJIBARANG BANYUMAS

Nur, Rochmah (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA HOME INDUSTRY TEH MEREK MACAN DAN TIGA DAUN DI AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nur Rochmah_1717201121_FEBI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Home Industry merupakan usaha yang bisa dijalankan dirumah, dan menjadi sumber keuangan bagi suatu perekonomian keluarga atau dalam lingkup kecil. Home industry teh merek macan dan tiga daun ini terletak di Desa Pancasan yang memproduksi teh, di mana seperti kita ketahui bersama teh adalah salah satu minuman yang hampir dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat. Home industry teh ini memproduksi teh dalam bentuk teh tubruk yang diolah dengan kualitas baik dan sudah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan, serta menggunakan ukuran yang variatif sesuai dengan kebutuhan konsumen. Home Industry ini didirikan oleh Bapak H. Subhan pada tahun 1965. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Home Industry Teh Merek Macan dan Tiga Daun. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran pada home industry Teh Merek Macan dan Tiga Daun adalah dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 4P, yaitu strategi produk adalah dengan menjaga kualitas produk dan terus berinovasi dalam membuat produk lain, strategi harga adalah menghitung semua jumlah biaya produksi dan melihat harga jual produk yang ada di pasaran, strategi tempat adalah dengan menjaga kebersihan produksi dan mudah akses menuju tempat produksi, strategi distribusi adalah melalui personal selling, mulut ke mulut dan reseller.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Home Industry.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Rochmah sdr
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:34
Last Modified: 17 Dec 2021 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12281

Actions (login required)

View Item View Item