TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI AKAD TRANSFER UANG ANTAR BANK SECARA GRATIS PADA APLIKASI FLIP

Nur Auliatul, Faizah (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI AKAD TRANSFER UANG ANTAR BANK SECARA GRATIS PADA APLIKASI FLIP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Syaifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nur Auliatul Faizah_Tinjauan Hukum Islam Mengenai Akad Transfer Uang Antar bank Secara Gratis Pada Aplikasi flip.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi mampu menobrak cara lama dengan memadukan teknologi dan keuangan modern. Munculah teknologi keuangan atau bisa disebut teknologi finansial. Salah satu star-up teknologi finansial yang muncul pada bidang transfer dana adalah flip. Flip telah memunculkan inovasi baru dalam bidang transfer dana berupa aplikasi sebagai perantara untuk membebaskan beban biaya administrasi yang berlaku pada bank. Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari data kepustakaan seperti buku, jurnal, dan artikel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu sumber buku pengantar fiqih muamalah tentang tinjauan hukum Islam mengenai transfer uang antar bank secara gratis yang mengenai akad wakalah dan tentang aplikasi flip yang berasal dari google playstore versi 1.26.2 id. Dari hasil analisis yang dilakukan, bahwa penggunaan flip dalam media transaksi sudah sesuai dengan hukum Islam terdapat akad ijarah antara bank dengan flip dalam proses penggunaannya yaitu pihak bank memberikan jasa berupa transfer uang ke flip. Dan terdapat akad wakalah bil- ujrah dalam praktiknya yaitu apabila melakukan transaksi melebihi limit nominal dan tidak melebihi limit nominal transaksi perbulan sudah memenuhi rukun dan syarat-syaratnya yang dalam transaksinya bebas tanpa biaya dengan ketentuan bahwa uang atau barang tersebut akan dikembalikan persis dengan yang pihak flip terima dalam bentuk deposit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Flip, Hukum Islam , Akad Wakalah.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Auliatul Faizah sdri
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:54
Last Modified: 16 Dec 2021 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12270

Actions (login required)

View Item View Item