PENERAPAN AKAD JU'ALAH DALAM REFERRAL BONUS MLM MENURUT ULAMA SYAFI'IYAH (Studi Kasus PT Orindo Alam Ayu Oriflame Jaringan Desty di Purbalingga)

Andes Laste, Wijaya (2021) PENERAPAN AKAD JU'ALAH DALAM REFERRAL BONUS MLM MENURUT ULAMA SYAFI'IYAH (Studi Kasus PT Orindo Alam Ayu Oriflame Jaringan Desty di Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANDES LASTE WIJAYA_PENERAPAN AKAD JU’ALAH DALAM REFERRAL BONUS MLM MENURUT ULAMA SYAFI’IYAH (Studi Kasus PT Orindo Alam Ayu Oriflame Jaringan Desty di Purbalingga).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Islam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan bonus dapat dikatakan dengan ju’a>lah. Kerjasama dalam konsep ju’a>lah bertujuan untuk membantu meringankan beban pekerjaan, seperti pekerjaan dalam sebuah tim yang tidak bisa dilakukan sendiri. Dalam bisnis MLM konsep ju’a>lah berkembang menjadi kegiatan inovatif berhadiah. Namun, tidak semua kompetisi berhadiah sesuai dengan konsep ju’a>lah yang dibolehkan dalam Islam. Sebuah bisnis MLM diharapkan bisa memberikan rasa aman dan mampu untuk menjawab isu-isu yang beredar di tengah masyarakat yang memberikan kesan bahwa MLM identik dengan penipuan. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui praktik referral bonus Oriflame di Jaringan Desty Purbalingga dan untuk mengetahui bagaimana penerapan akad ju’a>lah dalam referral bonus Oriflame menurut ulama Syafi’iyah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari observasi dan wawancara. Sedangkan sumber sekunder dari kitab Fiqih Islam wa Adillatuhu jilid 5 karya Wahbah az-Zuhaily dan kitab Al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab jilid 20 karya Imam Nawawi Abi Zakariya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep bisnis MLM pada PT Orindo Alam Ayu Jaringan Desty Purbalingga merupakan bisnis yang jelas (halal) serta tidak terdapat unsur penipuan, karena produk yang diperjualbelikan jelas dan bukan sesuatu yang diharamkan. Berdasarkan analisis terhadap praktik akad perjanjian pada referral bonus Oriflame termasuk dalam akad ju’a>lah, karena pemberian referral bonus tersebut didasarkan atas prestasi kerja yang dilakukan oleh member. Kemudian setelah disandingkan dengan ketentuan umum yang menjadi substansi kitab Fiqih Islam wa Adillatuhu jilid 5 karya Wahbah az-Zuhaily dan kitab Al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab jilid 20 karya Imam Nawawi, akad ju’a>lah boleh diterapkan dalam referral bonus Oriflame karena sudah memenuhi rukun serta syarat yang disebutkan menurut ulama Syafi’iyah. Kata kunci: Referral bonus, Ju’a>lah, Ulama Syafi’iyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Referral Bonus, Ju'alah, Ulama Syafi'iyah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Andes Laste Wijaya
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:50
Last Modified: 16 Dec 2021 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12263

Actions (login required)

View Item View Item