MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SDN 2 KARANGLEWAS LOR PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Efriana Laela K, 092333048 (2014) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SDN 2 KARANGLEWAS LOR PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
EFRIANA LAELA K_Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)

Abstract

Kesungguhan lembaga pendidikan dalam menyiapkan fasilitas pendidikan, adalah faktor yang tak kalah penting selain dari merancang kurikulum atau meyediakan tenaga pendidik yang berkualitas. Sarana dan prasarana pendidikan adalah fasilitas yang harus dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan, kususnya disekolah karena sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan pembelajaran untuk peserta didik. Untuk itu penulis dalam penyusunan penelitian ini fokus pada bagaimana manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDN 2 Karanglewas Lor Purwokero Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDN 2 Karanglewas Lor Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah penanggungjawab bidang sarana dan prasarana pendidikan, kepala sekolah, guru dan karyawan SDN 2 Karanglewas Lor dengan metode penelitiannya melalui obserfasi, wawancara dengan subjek yang ditentukan, dan dokumentasi terhadap data-data atau pelaksanaan kegiatan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDN 2 Karanglewas Lor. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, analisis data dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDN 2 Karanglewas lor sudah berjalan dengan efektif terbukti dengan terlaksananya kegiatan proses pengelolaan sarana dan prasarana yang meliputi perencanaan sarana dan prasarana pendidikan, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang diperoleh dari pembelian, produksi sendiri, penerimaan hibah dan rehabilitasi. Kemudian terdapat kegiatan pengaturan sarana dan prasarana pendidikan yang diwujudkan dengan kegiatan inventarisasi atau pencatatan, penyimpanan sarana dan prasarana pendidikan, pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, selanjutnya kegiatan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan yang berlangsung setiap hari kususnya pada proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, kesemua kegiatan tersebut berjalan dengan baik karena adanya kerjasama dan pembagian tugas dengan warga sekolah serta pengawasan yang dilakukan secara intens. Selanjutnya ada kegiatan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan yaitu kegiatan meniadakan barang atau perabot sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kata kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:00
Last Modified: 23 Sep 2016 01:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item