METODE PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN AT-TAUJIEH AL-ISLAMY LELER KEBASEN BANYUMAS TAHUN 2014/2015

Mustaqim, 102332091 (2015) METODE PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN AT-TAUJIEH AL-ISLAMY LELER KEBASEN BANYUMAS TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Mustaqim_METODE PEMBELAJARAN NAHWU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran nahwu merupakan suatu proses penyajian materi pelajaran yang membahas tentang kaidah-kaidah tata bahasa Arab. Nahwu adalah ilmu yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya, baik secara ‘irab (berubah) atau bina’ (tetap). Skripsi ini mengkaji tentang metode pembelajaran nahwu di pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy Leler Kebasen Banyumas. Melihat pentingnya ilmu nahwu, sehingga di pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy Leler Kebasen Banyumas nahwu merupakan mata pelajaran wajib yang harus ditempuh santri. Disamping itu ilmu nahwu untuk memudahkan santri dalam mempelajari literatur-literatur yang diwajibkan karena mata pelajaran yang diajarkan di pondok tersebut sebagian besar buku-buku berbahasa Arab gundul (kitab kuning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas proses pembelajaran nahwu yang diajarkan di pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy Leler Kebasen Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta penyajian analisis data non statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum lapangan dan analisis setelah di lapangan yaitu Reduksi data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Clonclution Drawing). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwa tujuan pembelajaran nahwu yang diajarkan di Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy yaitu supaya santri dapat mengetahui dan memahami kaidah-kaidah nahwu secara teori dan praktek sebagai sarana tafaqquh fid diin. Adapun materi pembelajaran nahwu yang dijadikan bahan materi dalam pembelajaran nahwu menggunakan kitab Jurumiyah Jawa, Jurumiyah Matan, ‘Imrithy dan Alfiyah. Adapun metode pembelajaran nahwunya menggunakan metode qawaid wa tarjamah, metode langsung dan metode lainnya sebagai pendukung dan menambahkan kitab-kitab nahwu untuk sorogan dan hapalan. Serta mempraktekkan nahwu dengan muhadatsah memakai bahasa Arab Fusha. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Nahwu, Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy Leler Kebasen Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:00
Last Modified: 23 Sep 2016 01:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item