NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM LIRIK LAGU FILM ANIMASI OMAR DAN HANA

Nareswuri, Nareswuri (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM LIRIK LAGU FILM ANIMASI OMAR DAN HANA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NARESWURI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM LIRIK LAGU FILM ANIMASI OMAR DAN HANA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyampaian pendidikan akhlaq dapat melalui film animasi, salah satunya yaitu film animasi Omar dan Hana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terkandung dalam lirik lagu film animasi Omar dan Hana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian kepustakaan atau library research. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam lirik lagu film animasi Omar dan Hana dapat dikategorikan ke dalam beberapa bentuk, yaitu pendidikan akhlaq yang terpuji terbagi menjadi tiga kategori: 1) akhlaq kepada Allah, dengan indikator beribadah kepada Allah terdapat dalam lirik lagu episode “Orang Sholat Hebat” pada bait keempat dan kelima, episode “Rukun Islam” pada bait kedua, episode “Alif Ba Ta” pada bait terakhir atau bait kedua; indikator bersyukur terdapat dalam lirik lagu episode “Misi Sedekah” pada bait kedua dan keempat; 2) akhlaq kepada orang tua, dengan indikator menyayangi orang tua terdapat dalam lirik lagu episode “Sayang Mama Papa” pada bait ketiga; indikator membantu orang tua terdapat dalam lirik lagu episode “Tolong Mama Papa” pada bait pertama sampai dengan bait kelima; 3) akhlaq kepada sesama, dengan indikator bersikap baik kepada tetangga (menjenguknya ketika sakit) terdapat dalam lirik lagu episode “Berbaik dengan Jiran” pada bait pertama sampai dengan bait keempat; indikator saling memberi salam terdapat dalam lirik lagu episode “Mari Beri Salam” pada bait pertama sampai dengan bait kedua. Selanjutnya bentuk kedua adalah pendidikan akhlaq yang melarang untuk melakukan perbuatan tercela terbagi menjadi dua kategori: 1) akhlaq kepada sesama, dengan indikator bertabayyun terdapat dalam lirik lagu episode “Tabayyun” pada bait keempat dan kelima; 2) akhlaq kepada diri sendiri, dengan indikator bersikap jujur terdapat dalam lirik lagu episode “Jom Jujur” pada bait pertama, ketiga, dan keempat; indikator amanah terdapat dalam lirik lagu episode “Amanah” pada bait pertama dan kedua. Kata Kunci: Pendidikan Akhlaq, Lirik Lagu, Film Animasi Omar dan Hana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlaq, Lirik Lagu, Film Animasi Omar dan Hana
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
300 Social sciences > 370 Education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nareswuri Nareswuri sdr
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:22
Last Modified: 14 Dec 2021 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12239

Actions (login required)

View Item View Item