IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 2 SD NEGERI 1 KALAPACUNG KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Yuyun Listiyana, Dewi (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 2 SD NEGERI 1 KALAPACUNG KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_ Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUYUN LISTIYANA DEWI_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 2 SD NEGERI 1 KALAPACUNG KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya pandemi covid-19 yang menyebar di seluruh dunia termasuk negara Indonesia. Sehingga berpengaruh terhadap bidang pendidikan yang menyebabkan pemerintah mengambil kebijakan untuk menutup kegiatan pembelajaran di sekolah dan menganjurkan untuk melakukan pembelajaran dari rumah. Sehingga sekolah mengganti model pembelajarannya menjadi e-learning. Termasuk SD Negeri 1 Kalapacung yang hanya menerapkan model pembelajaran e-learning dalam semua kegiatan pembelajaran termasuk pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan kegiatan belajar dengan tidak memisahkan mata pelajaran, tetapi menggunakan tema untuk menyatukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran e-learning pada pembelajaran tematik di masa pandemi covid-19 kelas 2 SD Negeri 1 Kalapacung Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mengemukakan bahwa implementasi model pembelajaran e-learning pada pembelajaran tematik di masa pandemi covid-19 kelas 2 SD Negeri 1 Kalapacung Kecamatan Bobotsari Kabupaten Banyumas meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan merupakan tahap pemataan kompetensi dasar, pemilihan dan penetapan tema, penyusunan silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di dalamnya memuat beberapa mata pelajaran serta kompetensi dasar dari setiap materi pembelajaran seperti mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan PJOK. Tahap pelaksanaan atau inti dari kegiatan pembelajaran, guru juga menjelaskan pembelajaran tematik yang memuat beberapa mata pelajaran dalam satu kali pertemuan seperti pada tahap perencanaan. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui whatsapp group. Tahap evaluasi merupakan tahap penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan menggunakan dua jenis teknik penilaian yaitu penilaian tes yang mencakup aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik dan penilaian non tes berdasarkan kompetensi dasar dan muatan pembelajaran di dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran E-learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuyun Listiyana Dewi sdri
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:07
Last Modified: 06 Dec 2021 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12230

Actions (login required)

View Item View Item