ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM BUKU MEMAHAMI HAMKA KARYA HAIDAR MUSYAFA DAN RELEVANSINYA BAGI PENIDIDIKAN ISLAM

Difta, Cahya Septia (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM BUKU MEMAHAMI HAMKA KARYA HAIDAR MUSYAFA DAN RELEVANSINYA BAGI PENIDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Difta Cahya Septia_Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Buku Memahami Hamka Karya Haidar Musyafa Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Dalam dunia pendidikan, peserta didik dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tersebut berguna untuk menunjang kemampuan mereka untuk bisa bersaing di masa yang akan datang. Bukan hanya ilmu pengetahuan saja, tetapi sikap diri yang diwujudkan dengan moral yang baik tentu juga dibutuhkan oleh siswa. Sehingga nantinya mereka tahu bagaimana caranya bersikap dan mengambil suatu tindakan. Berbagai cara dilakukan oleh guru di sekolah, untuk mendidik moral para siswanya, salah satunya dengan budaya membaca. Buku yang tersedia berguna sebagai mediasi bagi siswa untuk mengenal nilai-nilai moral yang perlu ia terapkan. Itulah sebabnya buku Memahami Hamka Karya Haidar Musyafa ini sangat cocok untuk dijadikan bacaan sebagai sumber referensi nilai moral bagi khalayak umum khususnya bagi peserta didik dan layak untuk diteliti dan diangkat serta diulas lebih dalam isi serta makna yang terkandung di dalamnya. Dalam penelitian ini, penulis mengangkat dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung di dalam buku Memahami Hamka Karya Haidar Musyafa ini serta merelevansikannya bagi peserta didik agar lebih memudahkan pembaca dalam menghayati isinya. Jenis penelitian yang akan diteliti oleh penulis yaitu penelitian pustaka atau library research dan dengan metode pendekatan kualitatif yakni dengan teknik analisis isi atau content analysis, yaitu penelitian yang menganalisa isi dari buku atau bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam buku Memahami Hamka Karya Haidar Musyafa ini adalah nilai cinta tanah air, keadilan sosial, bijaksana, pantang menyerah, bekerja keras, taat dan patuh terhadap orangtua, lemah lembut, berprasangka baik, murah hati, tidak dendam, menjaga persatuan, cinta kasih, berpendirian teguh serta toleransi. Nilai-nilai tersebut memiliki relevansi dengan peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik, dimana nilai-nilai moral tersebut akan berpengaruh pada pola pikir, minat dan juga usaha anak dalam mengembangkan kemampuannya untuk mencapai suatu hal,, mewujudkan kehidupan yang seperti apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Moral, Pendidikan Islam.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages > 895 Literatures of East and Southeast Asia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Difta Cahya sdr
Date Deposited: 03 Dec 2021 07:53
Last Modified: 03 Dec 2021 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item