PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WLAHAR KECAMATAN WANGON

Nirmala, Rosyida (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WLAHAR KECAMATAN WANGON. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nirmala Rosyida_Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wlahar Kecamatan Wangon.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peran orang tua merupakan cara-cara yang digunakan oleh orang tua maupun keluarga dalam melaksanakan tugas untuk mengurus, mendidik, melindungi, dan mempersiapkan anak dalam kehidupan bermasyarakat. Peran orang tua mempunyai andil yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan anaknya terutama dalam hal meningkatkan motivasi belajar anak. Orang tua berperan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak, baik potensi afektif, kognitif maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi covid-19 di Desa Wlahar Kecamatan Wangon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Desa Wlahar Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Wlahar Kecamatan Wangon secara umum sudah dijalankan dengan baik. Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak, meliputi: orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai guru di rumah, orang tua sebagai pengarah atau director, dan orang tua sebagai motivator. Orang tua berperan sebagai fasilitator, misalnya dengan menyediakan alat tulis dan buku-buku penunjang, serta menyediakan smartphone dan kuota internet. Orang tua sebagai guru di rumah, misalnya dengan mendampingi anak ketika belajar, mengontrol waktu belajar anak, mengingatkan anak untuk belajar, dan menciptakan suasana belajar yang nyaman. Adapun orang tua sebagai pengarah atau director, misalnya dengan memahami kekurangan dan kelebihan yang dimiliki anak, serta mampu mengembangkan bakat anak. Selanjutnya orang tua sebagai motivator, misalnya dengan memberikan semangat dan dukungan kepada anak, memberikan penghargaan kepada anak, serta memberikan reward and punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Nirmala Rosyida
Date Deposited: 03 Dec 2021 07:51
Last Modified: 03 Dec 2021 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12219

Actions (login required)

View Item View Item