POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK (Studi Kasus di Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas)

NOVIATUN CHOERIYAH, NIM. 102331018 (2014) POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK (Studi Kasus di Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NOVIATUN CHOERIYAH_POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK (Studi Kasus di Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar adalah aspek kepribadian yang penting dalam kehidupan manusia. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian individu adalah pola asuh. Pola asuh sebagai interaksi antara orang tua dengan anak yang meliputi proses mendidik, membimbing, dan melindungi anak. Fenomena yang terjadi di Desa Sidamulih, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas adalah tingginya kemandirian belajar dari beberapa anak yang diasuh oleh orang tua tunggal di pihak ibu. Mereka selalu menunjukkan kemandirian dalam hal belajar dan juga berprestasi di sekolah. Berdasarkan masalah diatas peneliti merumuskan permasalahan: bagaimana pola asuh orang tua tunggal dalam menanamkan kemandirian belajar anak di Desa Sidamulih, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran pola asuh yang diterapkan oleh orang tua tunggal dalam menanamkan kemandirian belajar anak, mengetahui kondisi belajar anak ditinjau dari aspek kemandirian, dan mengetahui kemandirian belajar anak terhadap materi pelajaran sekolah. Berdasarkan pokok permasalahan yang diangkat, kegunaan yang hendak dicapai dalam penelitian ini secara praktis diharapkan dapat memberikan masukan bagi penulis, orang tua tunggal, dan anak dari orang tua tunggal bahwa keberhasilan anak tak lepas dari usaha orang tua. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Studi Kasus yang diuraikan secara deskriptif, dan merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian menggunakan pengumpulan data yang dilakukan peneliti di Desa Sidamulih, Kecamatan rawalo, Kabupaten Banyumas . Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua tunggal di Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas ketika mendidik anak dalam belajar cenderung kepada pola asuh demokratis. Dampak dari pengasuhan tersebut sehingga menciptakan kemandirian yang dimiliki anak dalam belajar dan kemandirian dalam berbagai hal, tanggung jawab dalam kegiatan belajarnya, memiliki rasa percaya diri serta berprestasi di sekolahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Kemandirian, Belajar, Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 20 Sep 2016 07:53
Last Modified: 20 Sep 2016 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item