METODE REHABILITASI SOSIAL BAGI PASIEN GANGGUAN KEJIWAAN DI YAYASAN PONDOK LALI JIWA RAGA WANGON BANYUMAS

Difa, Nur Ghifari (2021) METODE REHABILITASI SOSIAL BAGI PASIEN GANGGUAN KEJIWAAN DI YAYASAN PONDOK LALI JIWA RAGA WANGON BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Difa Nur Ghifari_Metode Rehabilitasi Sosial bagi Pasien Gangguan Kejiwaan di Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga Wangon Banyumas.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI tahun 2018 menunjukkan bahwa penderita gangguan kejiwaan di Indonesia terus meningkat. Usaha untuk mengatasi gangguan kejiwaan adalah dengan penyembuhan sedini mungkin melalui rangkaian kegiatan rehabilitasi ke pusat pelayanan kesehatan atau berobat ke tenaga kesehatan yang kompeten. Namun, pada kenyataannya yang dilaksanakan pemerintah dalam merehabilitasi penyembuhan orang yang mengalami gangguan kejiwaan tersebut masih kurang optimal. Maka dari itu muncul yayasan sosial dalam rangka membantu kinerja pemerintah untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi fisik, mental serta sosial orang yang mengalami gangguan kejiwaan supaya mereka kembali dalam kehidupan seperti sediakala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode rehabilitasi sosial bagi pasien gangguan kejiwaan di Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga Wangon Banyumas. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai sumber informasi adalah tujuh orang yaitu ketua, sekretaris, pekerja sosial, ustad (konselor) dan tiga orang pasien binaan yang sudah mampu untuk berkomunikasi di Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga Wangon Banyumas. Hasil penelitian yang penulis dapatkan Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga adalah panti pelayanan sosial yang menjalankan upaya rehabilitasi sosial dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan pada prosesnya. Tahap penerimaan merupakan tahap paling awal untuk menetapkan orang yang mengalami gangguan kejiwaan sebagai pasien binaan yayasan, metode yang dipakai dalam proses rehabilitasi dengan cara individu dan juga kelompok. Selain itu, dengan pendekatan spiritual, psikologis dan juga pendekatan medis. Yang dimana kegiatan-kegiatan yang telah tersistematis di dalam yayasan tersebut mulai dari kegiatan fisik, psikis dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ODGJ, Rehabilitasi Sosial
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Difa Nur Ghifari sdri
Date Deposited: 13 Nov 2021 07:19
Last Modified: 13 Nov 2021 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12187

Actions (login required)

View Item View Item