IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA

Taufik Hidayat, O92331067 (2014) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
Taufik Hidayat_IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-FALAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman umat muslim di dunia ini diwajibkan bagi kita semua untuk balajar membaca dan menulis al-Qur’an. Seharusnya anak didik membaca dan menulis al-Qur’an itu sejak kecil karena sangat penting pada fase awal guna memahami isi kandungan al-Qur’an., namun yang terjadi pada saat ini banyak sekali yang kurang bisa membaca dalam al-Qur’an. Dalam kegiatan belajarmengajar al-qur’an banyak sekali metode baca qur’an cepat dan praktis yang di gunakan yaitu metode qiroaiti, metode baghdadiyyah, metode, al-barqy, matode iqro’ dan sebagainya. Metode qiroaty merupakan metode lebih menekankan pada bacaan yang praktis dan cepat, untuk metode qiroati dalam mengajarnya harus ditashih terlebih dahulu dan mendapatkan syahadah. Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu “Bagaimana ImplementasiMetode Qiroati di TPQ Al-Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara” ?. Mengacu pada konteks penelitian diatas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui Bagaimana ImplementasiMetode Qiroati di TPQ Al-Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Objek penelitian ini adalah Implementasi Metode Qiro’ati di TPQ Al-Falah bobosan Kecamatan Purwokerto Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Agar hasil penilaian berjalan dengan baik, maka proses analisa data tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama, reduksi data yaitu penggolongan dan pemusatan data-data yangsudah diperolehdilapangan untuk mempermudah peneliti dan data yang diperoleh juga valid, kedua penyajian data yaitu mengumpulkan data secara tersusun dengan memberi kemungkinan adanya kesimpulan dan tindakan, ketiga verivikasi yaitu penarikan kesimpulan yang memberikan analisis pada puncak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Metode Qiro’ati di TPQ Al-Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara sangat baik dan sampai pada tujuan yang diharapkan begitu juga dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya berjalan dengan lancar, hal ini terbukti dalam kurun waktu yang cepat siswa mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan lancar dan tartil sesuai kaidah tajwid dan banyaknya siswa yang telah lulus di TPQ ini rata-rata usia SD bahkan ada juga yang usia Pra TK. Kata kunci : Implementasi Metode Qiroati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 22 Sep 2016 01:56
Last Modified: 22 Sep 2016 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item