PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK IT (ISLAM TERPADU) MA’ARIF NU KARANGLEWAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ZIAN FEBRIANA, 102331130 (2014) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK IT (ISLAM TERPADU) MA’ARIF NU KARANGLEWAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text
Zian Febriana_PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Untuk membentuk karakter yang tercantum berdasarkan SK KD SMK IT melakukan usaha pembentukan karakter agar para siswa tetap mempunyai karakter yang baik. Karena prinsip dalam pembentukan karakter adalah berkelanjutan dari SD, SMP, dan SMK. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pembentukan karakter siswa di SMK IT, yang mengarah pada usaha-usaha sekolah dalam pembentukan karakter. Fokus permasalahan yang akan dicari jawabannya lewat penelitian ini adalah “Bagaimana Pembentukan Karakter Siswa di SMK IT Ma’arif NU Karanglewas Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Karakter dibentuk melalui tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan kebiasaan. Prinsip pembentukan karakter siswa antara lain: berkelanjutan, melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri, nilai tidak diajarkan tetapi dikembangkan, proses pembelajaran aktif serta menimbulkan rasa senang. Dilihat dari lokasinya penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode penentuan subjek penelitian menggunakan teknik puposive sampling, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode analisa kualitatif dengan cara reduksi data,penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Usaha yang dilakukan dalam pembentukan karakter siswa antara laian: 1. Integrasi pendidikan karakter ke dalam pembelaajaran. Terdapat beberapa mata pelajaran sebagai usaha pembentukan karakter antara lain: PAI, matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan menata produk, 2. Pengembangan budaya sekolah berbasis karakter dengan kegiatan rutin, spontan, teladan, dan pengondisian, 3. Usaha pembentukan karekter melalui ekstrakurikuler, 4.Usaha pembentukan karakter melalui sosialisasi dalam organisasi, 5. Usaha pembentukan karakter melalui kreativitas siswa, 6. Kartu monitoring sebagai ssaha pembentukan karakter, 7. Pembentukan karakter melalui peningkatan budaya baca tulis. Dari berbagai usaha diatas dapat membentuk nilai karakter pada diri siswa anatara lain: religius, disiplin, tanggung jawab, gemar membaca, kreatif, tekun, rasa hormat, rasa ingin tahu, percaya diri, berpikir kritis, menghargai prestasi, gaya hidup sehat, nasionalisme, dan mandiri. Kata kunci:Pembentukan Karakter, Siswa SMK IT Ma’arif Karanglewas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:01
Last Modified: 21 Sep 2016 01:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item