KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM FILM ANSATSU KYOSHITSU

Lutfi, Eka Rakhmawati (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM FILM ANSATSU KYOSHITSU. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lutfi Eka Rakhmawati_Muatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam Film Ansatsu Kyoshitsu.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki siswa untuk menjadi bekal di kehidupannya. Perangkat pendidikan yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan siswa adalah guru. Dengan pentingnya posisi guru terhadap perkembangan siswa mengharuskan guru harus menguasai empat kompetensi dasar guru yang salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah muatan kompetensi pedagogik guru kelas dalam film Ansatsu Kyōshitsu. Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk merubah siswanya menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis muatan kompetensi pedagogik guru kelas dalam film Ansatsu Kyōshitsu. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian pustaka atau library research dengan sumber data primer yaitu film Ansatsu Kyōshitsu dan sumber data sekunder yaitu jurnal, buku, maupun sumber lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu content analysis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat muatan kompetensi pedagogik guru kelas dalam film Ansatsu Kyōshitsu dengan komponen – komponen yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yaitu, menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip – prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, serta penilaian dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, guru kelas, film Ansatsu Kyōshitsu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Lutfi Eka Rakhmawati
Date Deposited: 29 Oct 2021 05:09
Last Modified: 29 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item