STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BINA AMANAH SATRIA (Studi Kasus BPRS BAS Purwokerto)

Rizaldi, Rizaldi (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BINA AMANAH SATRIA (Studi Kasus BPRS BAS Purwokerto). Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rizaldi_Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bina Amanat Satria (Studi Kasus BPRS BAS Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran BPRS BAS dalam meningkatkan jumlah nasabah. Konsep yang digunakan untuk menganlisis menggunakan STP (segmentation, targeting, positioning) dan SWOT untuk melihat keadaan pasar BPRS BAS. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi yang kemudian direduksi dan di ambil kesimpulan. Hasil penelitian dengan STP, yaitu segementasi pasar BPRS BAS dikelompokan menjadi segemen pasar produktif dan investasi. Targetting BPRS BAS berada dikalangan menengah kebawah dengan memaksimalkan UMKM, dan positioning pasar BPRS BAS menggunakan marketing mix 4P, produk yang menggiurkan nasabah, harga sesuai dengan peraturan dan sistem, tempat yang cukup strategis dan promosi menggunakan media cetak, online dan personal selling. Analisis SWOT strategi pemasaran untuk memberikan alternatif strategi untuk meningkatkan strategi pemasaran BPRS BAS. Strategi SO untuk meningkatkan harmonisasi yang sudah terjalin, melakukan kerjasama kepada lembaga pendidikan. Strategi WO untuk membuka kantor cabang atau kas, meningkatkan jumlah marketing. Strategi ST, menentukan harga yang kompetitif, strategi WT untuk meningkatkan kualitas SDM, pelayanan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, SWOT, Segmentation, Targetting, Positioning, BPRS BAS
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: ISNAENI PUTRANTI sdri
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:11
Last Modified: 29 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12022

Actions (login required)

View Item View Item