PESAN DAKWAH HANAN ATTAKI DALAM MEMPERSUASI MAD’U DI INSTAGRAM @SHIFTMEDIA.ID

SALSA, FAUZIAH ZEIN (2021) PESAN DAKWAH HANAN ATTAKI DALAM MEMPERSUASI MAD’U DI INSTAGRAM @SHIFTMEDIA.ID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Salsa Fauziah Zein_ Pesan Dakwah Hanan Attaki dalam Mempersuasi Mad'u di Instagram @shiftmedia.id.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah merujuk pada kegiatan menyampaikan sesuatu untuk mempengaruhi mad’u dalam hal kebaikan. Proses penyampaian pesan seorang pendakwah dapat dilakukan menggunakan beberapa cara supaya dapat mempersuasi mad’u dengan baik. Seiring dengan perkembangan zaman, dakwah dapat dilakukan dimana saja melalui berbagai macam media yang ada. Pada era saat ini, dimana teknologi sedang berkembang sangat pesat, seorang da’i dituntut untuk kreatif mengembangkan dakwah. Secara umum, masalah yang sering bermunculan dimasyarakat adalah menurunnya minat masyarakat untuk datang ke majlis ilmu, terutama kalangan anak muda. Kalangan muda sekarang seakan terlalu sibuk untuk mengejar kepentingan dunia ketimbang kepentingan akhirat. Salah satunya mendalami, mengakaji, maupun mendengarkan dakwah oleh para da’i. Berdasar hal tersebut pendakwah harus memiliki daya tarik yang cukup kuat. Sebagai salah satu contoh Ustadz Hanan Attaki berhasil mempersuasi mad’u sebanyak mungkin dari target dakwah Shift, yakni anak muda, melalui media instagram @shiftmedia.id. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah bagaimana pesan dakwah Hanan Attaki di instagram @shiftmedia.id. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pesan dakwah Hanan Attaki di instagram @shiftmedia.id. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan komunikasi persuasif, dengan analisis semiotika. Sebagai proses analisis, digunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Alat yang digunakan melalui 3 sistem tanda analisis semiotika Ferdinand de Saussure yakni penanda, petanda, dan realita sosial. Landasan teori berisi tentang pesan dakwah, persuasi, mad’u, dan analisis semiotika (Ferdinand De Saussure). Berdasar hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah Ustadz Hanan Attaki dalam mempersuasi mad’u di instagram @shiftmedia.id meliputi pesan akidah yang mengajarkan keimanan kepada Allah, pesan syariah berupa ajakan untuk bertaubat dan beribadah kepada Allah, serta pesan akhlak yang mengajarkan budi pekerti yang baik dengan sikap sabar, saling tolong menolong terhadap sesama dan berbuat baik kepada orang tua. Didukung melalui teknik komunikasi persuasi yang ada, meliputi teknik integrasi, teknik ganjaran, dan teknik tataan, pesan dakwah Ustadz Hanan Attaki mampu mempersuasi mad’u di instagram @shiftmedia.id.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Hanan Attaki, Instagram
Subjects: 000 Generalities > 006 Special computer methods
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Salsa Fauziah Zein sdr
Date Deposited: 29 Oct 2021 01:53
Last Modified: 29 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item