PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Miftahul H, 102335072 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
Miftahul H_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada yaitu kurangnya peran serta aktif peserta didik ketika mengikuti pembelajaran serta masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Selain itu materi bangun datar merupakan materi yang abstrak, yang mana membutuhkan imajinasi yang tinggi bagi setingkat SD/MI dalam memahami konsep. Maka dengan model pembelajaran group investigation peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran dan mempunyai pengalaman dalam mengadakan penyelidikan tentang sifat-sifat bangun datar. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika materi bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI akan terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar. Subyek penelitian adalah siswa kela V MI Ma’arif NU 01 Kembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya dianalisis dengan mengklasifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus siswa yang tuntas hanya 10 siswa (37,03%), ketuntasan belajar pada siklus I adalah 13 siswa tuntas (48,14%), serta ketuntasan pada siklus II adalah 23 siswa tuntas (85,18%). Kesimpulannya adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Kembangan. Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar, mata pelajaran matematika, model pembelajaran GI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:01
Last Modified: 21 Sep 2016 01:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item