PEMBELAJARAN DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI PLUS MA’ARIF NU MAKAM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Khafidin, Khafidin (2021) PEMBELAJARAN DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI PLUS MA’ARIF NU MAKAM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khafidin_Pembelajaran dalam Program Tahfidz Al-Qur'an di MI Plus Ma'arif NU Makam Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Keterampilan sosial adalah kemampuan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain dengan memahami dan peka terhadap perasaan orang lain serta mampu menyelesaikan segala perselisihan yang timbul dari interaksi yang telah dilakukan dengan cara bertanggung jawab. Sosial skill anak dipengaruhi oleh peroses sosialisasinya dengan orang tua dalam lingkungan keluarga. Namun, perkembangan keterampilan sosial anak diperoleh melalui proses belajar, karena perkembangan setiap keterampilan anak dipengaruhi oleh kemampuan sosial kognitifnya yaitu keterampilan memproses semua informasi yang ada dalam proses sosial. Pembelajaran dalam program Tahfidz al-Qur’an sebagai program unggulan madrasah memiliki peran aktif pada Sosial skill pada diri peserta didik. Berbagai metode Tahfidzul Qur’an banyak mengandung nilai-nilai keterampilan sosial sehingga dapat membantu sikap sosial anak menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menggambarkan analisis pembelajaran tentang program Tahfidz Al-Qur’an di MI Plus Ma’arif NU Makam. 2) Menggambarkan Social Skill Siswa dalam pembelajaran program Tahfidz AlQur’an di MI Plus Ma’arif NU Makam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Plus Ma’arif NU Makam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian bahwa pembelajaran dalam program Tahfidz Al-Qur’an di MI Plus Ma’arif NU Makam yaitu pembelajaran tahfidz dilakukan dengan cara berkelompok yaitu kelas rendah dan tinggi, modelling dengan menggunakan murotal toha juned dan demonstrasi sesuai metode belajar al-Qur’an yaitu Yanbu’a. Keterampilan sosial yang ditunjukan oleh siswa yaitu keahlian memlihara hubungan serta jaringan interaksi antar siswa satu dan yang lainnya dengan baik sesuai kemampuannya menemukan titik temu dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Kata Kunci: Pembelajaran, Social Skill, Tahfidz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Social Skill, Tahfidz Al-Qur’an.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khafidin Khafidin
Date Deposited: 28 Oct 2021 22:51
Last Modified: 28 Oct 2021 22:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11988

Actions (login required)

View Item View Item