EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT DI KABUPATEN BANYUMAS PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi 4 Kecamatan Kota Purwokerto)

YUNIAR, SUKMA ANGGRAINI (2021) EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT DI KABUPATEN BANYUMAS PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi 4 Kecamatan Kota Purwokerto). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H.SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuniar Sukma Anggraini_EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 2 TAHUN 2020.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT DI KABUPATEN BANYUMAS PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi 4 Kecamatan Kota Purwokerto) YUNIAR SUKMA ANGGRAINI NIM. 1717303085 Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri ABSTRAK Di Indonesia kasus COVID-19 sudah banyak, pemerintah langsung mengambil tindakan dengan cara membuat sebuah peraturan. Dan khususnya di Kabupaten Banyumas membuat sebuah Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 yang mengatur bagaimana caranya pencegahan dan penanggulangan penyakit ini. Bedasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Perda ini dalam penerapannya di Kabupaten Banyumas berdasarkan perspektif maslahah. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan jenis penelitian lapangan. Pendeketakan yang digunakan yuridis sosiologis, dimana hukum dikonsepkan sebagai apa yang tertulis dalam peraturan perundang-undangan sebagai patokan hidup manusia. Metode pengempulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode induktif. Metode induktif sendiri adalah suatu proses berpikir yang berupa penarikan kesimpulan yang umum atau dasar pengetahuan tentang hal-hal yang khusus. Awal kasus COVID-19 di Kabupaten Banyumas sejumlah 1 orang pada bulan Maret 2020, kemudian selama 2 pekan semakin bertambahnya kasus mencapai 45 orang. Mengetahui bertambahnya kasus tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Banyumas membuat Peraturan Daerah Banyumas Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 2 Tahun 2020 sudah berjalan dengan baik di Kabupaten Banyumas. Dan untuk kendala dalam melakukan penerapan Perda ini yaitu masyarakat masih banyak yang mengabaikan protocol kesehatan. Dalam perda no 2 tahun 2020 hampir secara keseluruhan sudah termasuk dalam konsepsi maslahah, mulai dari maslahah berdasar pada kegunaan hingga maslahah berdasar perubahannya, hampir seluruhnya terdapat di dalamnya. Secara keseluruhan perda ini membahas tentang kemaslahatan untuk kepentingan umum. Dengan berjalannya waktu masyarakat menyadari bahwa pentingnya protocol kesehatan bagi diri sendiri dan orang lain. Kata Kunci : Corona Virus Disease, Peraturan Daerah, Maslahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corona Virus Disease, Peraturan Daerah, Maslahah.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: YUNIAR SUKMA ANGGRAINI sdri
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:52
Last Modified: 29 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item View Item