TOLERANSI BERAGAMA DI MEDIA SOSIAL:STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PRO KONTRA NETIZEN PADA AKUN INSTAGRAM @FELIXSIAUW

Diah, Saputri (2021) TOLERANSI BERAGAMA DI MEDIA SOSIAL:STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PRO KONTRA NETIZEN PADA AKUN INSTAGRAM @FELIXSIAUW. Skripsi thesis, Universtas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Diah Saputri_Toleransi Beragama di Media Sosial; Studi Etnografi Virtual Pro Kontra Netizen Pada Akun Instagram @felixsiauw.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Toleransi beragama memiliki arti sikap lapang dada untuk menghormati seseorang dan membiarkan pemeluk agama untuk melaksanakan ibadahnya menurut ajaran dan ketentuan agama masing-masing yang diyakini oleh sendirinya tanpa ada yang mengganggu bahkan memaksa baik dari orang lain ataupun dari keluarganya. Toleransi di media sosial memiliki arti saling menghormati, dan memberikan kebebasan terhadap orang yang memiliki perbedaan pendapat tanpa adanya gangguan.Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui isi pro kontra netizen pada masalah toleransi beragama di media sosial instagram @felixsiauw. Penelitian ini menggunakan jenis penelitin library research (studi kepustakaan). Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan etnografi virtual dengan analisis media siber. Analisis media siber yang dibagi menjadi empat level, yang terdiri dari level ruang media, dokumen media, objek media, dan pengalaman media. Hasil penelitian ini dikaji melalui empat level. Dalam level ruang media penelitian ini merupakan media sosial instagram. Level dokumen media adanya konten dakwah berupa gambar ataupun video yang diunggah Felix Siauw. Level objek media terdapat interaksi antar sesama netizen. Dan level pengalaman media realitas yang muncul di dunia siber tidak jauh berbeda dengan realitas yang sesungguhnya. Dari postingan gambar yang diteliti, yaitu toleransi beragama dalam hal menghormati, dan sedekah atau tolong menolong, ditemukan komentar pro di kolom komentar yang meninggalkan jejak berupa doa untuk Ustadz Felix Siauw dan keluarga, setuju atau sepakat dengan konten yang disampaikan, apresiasi, dan ucapan terimakasih atas ilmu yang diberikan. Adapun komentar-komentar kontra yang berisi ketidak sukaan terhadap caption yang diberikan ustad Felixsiauw, ketidak sepakatan, dan kebencian. Kata Kunci: Toleransi Beragama, Etnografi Virtual, Pro Kontra Netizen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Etnografi Virtual, Pro Kontra Netizen
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Diah Saputri
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:33
Last Modified: 28 Oct 2021 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item