Nur, Rahmawati (2021) STRATEGI PELAYANAN TELLER DAN FUNDING OFFICER DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BANK KREDIT DESA DI DESA LINGGASARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Nur Rahmawati_Strategi Pelayanan Teller dan Funding Officer Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Kredit Desa di Desa Linggasari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas_Cover_BAB I Sampai BAB V_Daftar Pustaka-dikonvers-1.pdf Download (830kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Kredit Desa di Desa Linggasari Kecamatan Kembaran. Penelitian ini dilatarbelakangi atas lokasi Bank Kredit Desa di Desa Linggasari yang dikelilingi oleh Bank BRI, BMT, BPR, Koperasi. Namun, Bank Kredit Desa di Desa Linggasari memiliki jumlah nasabah yang banyak dari Bank Kredit Desa yang berada di satu Kecamatan yaitu Kecamatan Kembaran. Dimana Bank Kredit Desa di Desa Ledug yang memiliki jumlah penduduk banyak, mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah pegawai dan berlokasi di kelilingi penduduk perumahan dan tidak memiliki pesaing unit perusahaan keuangan namun memiliki jumlah nasabah pinjaman maupun nasabah pinjaman tidak banyak seperti di Bank Kredit Desa di Desa Linggasari, serta Bank Kredit Desa di Desa Karangsari yang berlokasi tidak dikelilingi oleh unit usaha keuangan yang lainnya justru masyarakatnya lebih menyukai KUR yang menjadikan kendala pada Bank Kredit Desa di Desa Karangsari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelayanan dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Kredit Desa di Desa Linggasari dan untuk Mengetahui Tinjauan Ekonomi Syariah Terkait Bank Kredit Desa Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Berdasarkan tujuan penelitian ini penelitian dengan metode kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah teller dan funding officer pada Bank Kredit Desa di Desa Linggasari. Sedangkan teknik yang digunakan adalah triangulasi data yaitu pengecekan dengan metode pengumpulan data diperoleh dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti dari sumber mulai dari Teller dan Funding Officer Bank Kredit Desa di Desa Linggasari. Penelitian ini analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan keadaan suatu gejala yang telah direkam melalui alat ukur kemudian diolah sesuai dengan fungsinya. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi pelayanan dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Kredit Desa di Desa Linggasari ialah menggunakan strategi pelayanan berupa memberikan pelayanan datang kerumah untuk seluruh nasabah, memberikan pelayanan yang mudah dan cepat, pelayanan yang tertata rapi baik ruangan maupun petugas Bank Kredit Desa di Desa Linggasari, adanya jaminan yang diberikan yaitu jaminan kemudahan, kecepatan, keamanan nasabah menyimpan dana atas dasar undang-undang undang-undang No.8 tahun 1998 pasal 58, dan diperjelas dengan PP No.72 tahun 1992 pasal 19 ayat 1 dan 2, dan Bank Kredit Desa di Desa Linggasari tidak pernah memaksakan nasabahnya dalam membayarkan angsuran yang bertujuan untuk merangkul nasabah dan memberikan kenyamanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pelayanan, Bank Kredit Desa, Ekonomi Islam |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT) 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Rahmawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 07:11 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 07:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11918 |
Actions (login required)
View Item |