ANALISIS PENERAPAN PRINSIP KOPERASI PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Kiki Styaasih, Styaasih (2021) ANALISIS PENERAPAN PRINSIP KOPERASI PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Kiki Styaasih_Analisis Penerapan Prinsip Koperasi Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai lembaga keuangan mikro yang dapat diakses UMKM, BMT memiliki landasan serta prosedur yang mengatur kegiatan yang dilakukan BMT. Prinsip koperasi merupakan aturan-aturan pokok yang berlaku dalam koperasi dan dijadikan sebagai pedoman kerja koperasi. Karena kemudahan akses dan prosedur, BMT cukup mampu bersaing dengan lembaga jasa keuangan lainnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana prinsip koperasi diterapkan pada BMT mengingat BMT merupakan lembaga keuangan syariah yang berkembang cukup baik. Berdasarkan pendekatannya, penelitian yang peneliti lakukan termasuk dalam penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianlisis menggunakan deskripsi-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan prinsip koperasi pada BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto sesuai dengan Permen Koperasi dan UKM Nomor 11/Per/M.KUKM/XII/2017. 2) Penerapan prinsip koperasi pada BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto meliputi Standar operasional manajemen usaha dan standar manajemen operasional kelembagaan. Kata Kunci: Prinsip Koperasi, Permen Koperasi dan UKM Nomor 11/Per/M.KUKM/XII/2017, BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto, Standar operasional manajemen usaha, standar manajemen operasional kelembagaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Koperasi, Permen Koperasi dan UKM Nomor 11/Per/M.KUKM/XII/2017, BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto, Standar operasional manajemen usaha, standar manajemen operasional kelembagaan.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Kiki Styaasih sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:06
Last Modified: 28 Oct 2021 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item