Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Usaha Pengolahan Kolang Kaling (Studi Kasus Di Sunyalangu Karanglewas Banyumas)

Ika, Nur Baiti (2021) Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Usaha Pengolahan Kolang Kaling (Studi Kasus Di Sunyalangu Karanglewas Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NEW FULL 28-10-2021 SKRIPSI IKA NUR BAITI 1717201099... Watermark.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan pemberian power kepada yang powerless, karena dengan memiliki power mereka yang terhimpit dalam ketidakberdayaan. Akan menjadi berdaya dengan ini melalui Pemberdayaan masyarakat telah dilakukan oleh usaha pengolahan kolang-kaling milik Pak Soheh. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan pemberdayaan yang dilakukan yaitu tahap Penyadaran, tahap pengkapasitasan dan tahap pendayaan. Pemberdayaan dilakukan dalam pengembangan usaha milik Pak Soheh yang dimana dalam Analisis yang digunakan untuk melihat pengembangan usaha menggunakan analisis SWOT dengan ditunjukkan pada Matrik SWOT, yaitu alat yang membantu manajer untuk mengembangkan empat tipe strategi: SO (Strenghts-Opportunities), WO (Weakesses-Opotrunities), ST (Strenghts-Threats) dan WT (Weakesses- Threats) mencocokkan faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, pengembangan usaha
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ika Nur Baiti
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:55
Last Modified: 28 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11913

Actions (login required)

View Item View Item