KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI DALAM ANIMASI RAINBOW RUBY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Bella, Dwian Rachmawati (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI DALAM ANIMASI RAINBOW RUBY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BELLA DWIAN RACHMAWATI_KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI DALAM ANIMASI RAINBOW RUBY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah anak usia dini merupakan salah satu kemampuan yang terdapat dalam aspek perkembangan kognitif. Sehingga kemampuan tersebut perlu dikembangkan pada diri setiap anak usia dini. Anak usia dini sangat menyukai tontonan animasi di televisi. Salah satu animasi yang ditayangkan di televisi yaitu Rainbow Ruby, ternyata mengandung sikap kemampuan pemecahan masalah anak usia dini serta nilai-nilai Islam dan aspek-aspek perkembangan yang sesuai dengan pendidikan anak usia dini. Orang tua dapat mendampingi dan membimbing anaknya saat menonton animasi Rainbow Ruby karena animasi Rainbow Ruby tidak hanya tontonan yang menghibur melainkan juga memiliki kemampuan pemecahan masalah dan nilai-nilai Islam yang dapat ditanamkan pada diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini dalam animasi Rainbow Ruby serta relevansi animasi Rainbow Ruby dengan Pendidikan Anak Usia DIni. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik 6 data (content analysis). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh hasil penelitian yaitu indikator keterampilan pemecahan masalah anak usia dini meliputi keterampilan observasi atau mengamati, keterampilan mengumpulkan data dan informasi, keterampilan mengolah informasi, dan keterampilan mengkomunikasikan informasi. Hasil berikutnya Relevansi dengan Pendidikan Anak Usia Dini dalam animasi Rainbow Ruby yang meliputi Pendidikan Akhak dan Kompetensi Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Anak Usia Dini, Animasi Rainbow Ruby, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Bella Dwian Rachmawati sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 21:57
Last Modified: 28 Oct 2021 21:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11887

Actions (login required)

View Item View Item